Memiliki etos dalam bekerja tentunya sangat perlu untuk diterapkan. Untuk mengetahui karyawan yang memiliki etos kerja atau tidak, kita bisa memperhatikan dari sikap dan perilakunya selama di kantor.

Karyawan yang beretos kerja tinggi akan dihargai oleh baik rekan kerja, atasan hingga bawahannya. Mereka akan disenangi oleh semua orang dan suasana kerja akan menjadi menyenangkan dan lebih produktif. Di sisi lain, karier pun bisa menjadi semakin cemerlang.

Nah jika kalian ingin menjadi sosok yang memiliki etos kerja agar karier semakin cemerlang, yuk perhatikan beberapa hal berikut ini!

1. Jangan cari muka

image.png

Sosok penjilat atau mereka yang suka cari muka di hadapan atasan tentu sering ditemukan dalam keseharian di kantor. Mereka hanya akan terlihat manis dan seperti malaikat di depan atasan.

Tujuannya adalah agar memperoleh kedekatan dengan atasan dengan berbagai tujuan. Misalnya ingin bisa naik gaji, mendapat fasilitas lebih dan lain sebagainya yang menguntungkan diri mereka sendiri. Tapi menjadi sosok penjilat tentu bukanlah tindakan profesional dalam bekerja.

Bisa jadi atasan dan rekan kerja kalian akan muak melihat kelakuan kalian yang bermuka dua seperti itu. Bukannya memperoleh yang kalian inginkan, kalian hanya akan direndahkan oleh banyak orang.

2. Disiplin

image.png

Di Indonesia, banyak orang terkenal dengan jam karetnya. Mereka tidak memiliki kedisiplinan diri.

Nah jika kalian ingin dihargai orang lain, belajarlah untuk disiplin. Disiplin baik terhadap waktu, tugas dan kewajiban yang dijalankan, cara berpakaian dan lain sebagainya. Taati pula aturan perusahaan yang ada.

Namun menjadi sosok disiplin bukan lantas kalian menjadi sosok yang kaku dan tidak menyenangkan. Kalian bisa kok menjadi disiplin namun tetap menyenangkan bahkan bisa menularkan sifat disiplin kalian pada para rekan kerja di kantor.

3. Kerja sama yang baik

image.png

Ketika kalian bekerja dalam perusahaan, itu berarti kalian tidak bisa hanya bekerja sendiri. Di perusahaan, ada banyak hal yang mengandalkan kerja sama tim dan bukan hanya kerja personal.

Oleh karena itu, kemampuan kerja sama yang baik merupakan etos kerja yang dibutuhkan. Dengan siapapun kalian ditempatkan dalam sebuah tim, maka kalian harus bisa mengontrol hati, perasaan dan juga ego kalian.

Kendala terbesar dalam sebuah kerja tim adalah mereka yang tidak bisa mengontrol egonya. Selalu ingin menang sendiri, ingin didengar tapi tak mau mendengar masukan dari timnya. Ketika ego berkuasa dalam sebuah tim maka sejatinya tim tersebut sudah gagal dan tidak akan mencapai sebuah kesatuan.

4. Mau belajar

image.png

Semua orang suka dengan mereka yang memiliki keinginan untuk terus belajar. Pengetahuan itu tidak pernah berhenti berkembang. Setiap saat pasti akan ada banyak pengetahuan yang ditemukan.

Hal ini membuat kalian wajib memiliki sifat untuk terus ingin belajar dan tidak sombong akan hal tersebut. Jangan lupa juga ketika kalian menguasai sebuah hal, kalian harus berbagi kepada rekan kerja agar ilmu tersebut bisa berguna bagi banyak orang.

#terusberkarya

Karja, we share creative and up to date content (entrepreneurship, inspiration, and social issues) for Indonesia’s millennials. Support and follow us on kumparan (click here) and Instagram (click here).

Editor: PARNA
Sumber: kumparan