JAKARTA – Pendiri Pinduoduo Colin Huang atau dikenal juga dengan nama Huang Zheng menyalip pendiri Alibaba Jack Ma sebagai orang terkaya kedua di China menurut daftar real time miliuner yang dirilis Forbes.
Colin yang berusia relatif muda, 40 tahun, mengalami pertumbuhan kekayaan bersih secara signifikan pada bulan Juni. Hal ini dipicu menguatnya pertumbuhan penjualan selama ajang promosi tahunan pada 18 Juni yang dikenal sebagai festival belanja 618.

Pinduoduo yang didirikannya adalah sebuah platform e-commerce yang memungkinkan para penggunanya berpartisipasi dalam perjanjian pembelian berkelompok. Platform dibentuk oleh Colin dengan nama Shanghai Dream Information Technology Co., Ltd. pada September 2015.

Dikutip dari Forbes, Colin yang merupakan mantan karyawan Google ini kini menjadi orang terkaya kedua di China dengan total kekayaan bersih USD 45,4 miliar.

Colin Zheng
Dia mengekor di belakang pendiri Tencent, Ma Huateng yang kekayaan bersihnya mencapai USD 52,9 miliar. Colin memegang 45% saham di platform e-commerce sosial yang dipimpinnya, Pinduoduo.

Sementara Jack Ma yang pensiun pada musim gugur lalu, kini tergeser di bawah Colin ke posisi ketiga. Saat ini kekayaan yang diperolehnya dari operasional harian Alibaba dia gunakan untuk fokus pada filantropi.

Kekayaan bersih Jack Ma kini turun menjadi USD 43,9 miliar dari sebelumnya di posisi kedua dengan total USD 45 miliar.

Editor: PARNA
Sumber: detikinet