JAKARTA – Padatnya aktivitas sering kali membuat pola makan jadi berantakan. Bahkan, tak jarang jadwal makan pun sering telat dan tidak teratur. Padahal, telat makan menjadi salah satu hal yang dapat memicu maag kambuh. Akibatnya, aktivitas dan pekerjaan bisa jadi terganggu bahkan berantakan.
Guna menghindari maag kambuh tiba-tiba, mengatur pola makan dengan baik merupakan hal yang harus diperhatikan. Melansir Medical News Today, berikut beberapa tips mengatur pola makan agar terhindar dari sakit maag.

Makan Tepat Waktu

Salah satu kunci agar maag tidak kambuh secara tiba-tiba adalah dengan makan tepat waktu. Membiarkan perut kosong sepanjang hari dapat memicu sakit maag. Hal ini disebabkan karena asam lambung terus diproduksi, sementara tidak ada makanan yang dicerna. Akibatnya, produksi asam menjadi menumpuk dan mengiritasi lambung.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayuran akan menjaga kesehatan lambung. Teh hijau, sayuran, dan buah segar merupakan sumber antioksidan yang baik yang dapat membantu menangkal kerusakan sel dan penyakit dengan mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Beberapa makanan yang dipercaya mampu mencegah maag adalah stroberi, rempah-rempah, kembang kol, lobak, beri, dan makanan lainnya yang memiliki antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

Hindari Makanan Pemicu Maag

Selain mengkonsumsi makanan sehat, pastikan juga kamu menghindari makanan pemicu naiknya asam lambung. Beberapa di antaranya yaitu makanan pedas, makanan asam, dan makanan berminyak seperti gorengan. Pastikan juga untuk menghindari makanan olahan dan yang mengandung lemak tidak sehat serta garam dan gula tambahan.

Hindari Makan Berlebihan

Meskipun makan di waktu yang tepat dapat mencegah maag kambuh, tapi pastikan kamu tidak makan secara berlebihan. Ada baiknya untuk makan dalam porsi sedikit tetapi sering. Makan lima atau enam porsi kecil sepanjang hari lebih baik daripada tiga porsi besar. Kebiasaan makan seperti ini dapat membantu mengurangi produksi asam lambung dan mencegah kegemukan atau obesitas. Pasalnya, obesitas juga dapat meningkatkan risiko terkena gastritis.

Nah itulah beberapa tips mengatur pola makan agar maag tidak kambuh secara tiba-tiba. Saat maag menyerang, pastikan untuk konsumsi POLYSILANE sebelum dan sesudah makan secara teratur 1-2 tablet atau 1-2 sendok teh untuk POLYSILANE Cair.

Kandungan Aluminium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida dalam POLYSILANE mampu meredakan gejala kelebihan asam lambung, gastritis, tukak usus, tukak lambung, bahkan kembung sekalipun. Dengan rasa mint yang manis, POLYSILANE terasa segar di mulut nyaman di perut sehingga tidak menyebabkan rasa mual.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan