JAKARTA – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan setiap tanggal 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional. Pada tahun ini, di tengah pandemi Covid-19, PBB mengambil tema “Yoga for Health – Yoga at Home”, yang berarti Yoga untuk Kesehatan – Yoga di Rumah. Langkah-langkah untuk memulai yoga di rumah pun dapat dilakukan dengan mudah.
Tema ini diambil untuk meningkatkan kesadaran setiap orang bahwa yoga yang bermanfaat untuk kesehatan dapat dilakukan di rumah.

“Yoga adalah cara yang ampuh untuk mengatasi stres yang tidak pasti dan terisolasi, serta untuk menjaga kesejahteraan fisik,” tulis PBB di laman resmi mereka.

Yoga sekaligus meditasi di rumah dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga.

UNICEF menyatakan bahwa anak-anak dapat berlatih pose yoga tanpa risiko apapun tapi sekaligus mendapatkan manfaat yang sama seperti orang dewasa. Manfaat yoga meliputi peningkatan fleksibilitas, kebugaran, perhatian, kekuatan, keseimbangan dan relaksasi. Yoga juga bermanfaat meringankan tekanan darah serta rasa sakit dan nyeri.

Berikut langkah-langkah memulai yoga di rumah dengan mudah.

Infografis_Yoga

1. Persiapkan matras
Umumnya gerakan yoga membutuhkan matras sebagai alas agar tubuh langsung menyentuh lantai yang keras. Ada pula sejumlah kecil gerakan yang tak membutuhkan matras seperti yoga sebelum tidur di kasur.

Selain matras beberapa gerakan yoga juga membutuhkan block.

2. Kenakan pakaian yang nyaman
Kenakan pakaian olahraga yang nyaman saat yoga. Pilih pakaian yang membuat Anda leluasa untuk bergerak. Cari pula bahan yang mudah dicuci karena yoga membuat Anda berkeringat. Baju kaus dan celana legging merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk yoga.

3. Kelas online atau streaming
Tersedia banyak pilihan kelas online, live streaming, dan video tutorial latihan yoga. Beberapa menerapkan biaya dan banyak yang bisa diakses secara gratis. Sejumlah video tutorial tersedia di YouTube maupun Instagram.

Pilihlah kelas atau tingkatan yoga untuk pemula agar Anda dapat mengenal gerakan-gerakan dasar yoga terlebih dahulu.

4. Meditasi
Ikuti arahan instruktur dan mulailah bermeditasi dengan gerakan yoga tersebut. Atur pernapasan dan tenangkan pikiran agar manfaat yoga tak hanya sebatas gerakan tapi juga menenangkan pikiran.

Dikutip dari The Independent, studi menunjukkan meditasi dapat mengurangi stres dan juga rasa sakit kronis.

5. Aromaterapi
Yoga dan meditasi dapat semakin lancar dan efektif saat menambahkan sejumlah alat bantu berupa aroma terapi. Anda bisa meletakkan lilin wangi atau minyak esensial. Kehadiran benda-benda ini dapat membuat Anda rileks lebih cepat.

6. Lakukan secara rutin
Jadikan aktivitas yoga dan meditasi sebagai rutinitas. Yoga yang dilakukan secara rutin dapat memberikan manfaat yang nyata untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Kementerian Kesehatan menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang 5 kali seminggu minimal 30 menit atau total 150 menit setiap minggunya.

Yoga dapat menjadi salah satu kegiatan menyenangkan saat berada di rumah bersama keluarga.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia