JAKARTA – Peneliti Australia dilaporkan telah membuat obat antivirus baru yang mereka yakini dapat melindungi dari infeksi virus Corona COVID-19. Peneliti dari Monash University telah melakukan pemodelan obat untuk menunjukkan bahwa obat ini memiliki kemampuan memblokir secara signifikan terhadap virus yang menyebabkan COVID-19, demikian laporan The Australian.
Dikutip dari news.com.au, rekan peneliti senior Universitas Monash Tom Karagiannis mengatakan dia dan timnya telah menguji cara molekul perancang yang disebut ‘α-ketoamide’ memblokir salah satu protein yang diperlukan untuk mereplikasi virus yang menyebabkan COVID-19. Para peneliti berharap obat ini bisa selesai di awal tahun depan.

Bulan lalu para peneliti Jerman menerbitkan data baru tentang versi peningkatan α-ketoamide yang menurut mereka bekerja lebih efektif pada manusia. Dr Karagiannis dan rekan-rekannya menggunakan superkomputer untuk mempelajari cara versi yang disempurnakan memblokir pemicu replikasi virus yang menyebabkan COVID-19 dan juga bisa menghentikan kemampuan virus untuk mereplikasi.

“Molekul ini menghentikan replikasi virus, yang kemudian dapat menghentikan pelepasan partikel virus baru dan infeksi sel-sel lain dalam tubuh,” kata Dr Karagiannis kepada The Australian.

Editor: PARNA
Sumber: detikhealth