JAKARTA – Banyak danau cantik yang dimiliki oleh Indonesia. Berikut 10 danau yang tak hanya indah, namun juga berukuran sangat luas. Apa saja ya?

Dirangkum detikcom, berikut 10 danau terbesar di Indonesia yang juga mempunyai pemandangan indah. Dimana saja ya?

1. Danau Toba
Bukan rahasia lagi jika Danau Toba yang berada di Sumatera utara ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Danau ini memiliki luas 1.130 Km dengan kedalaman hingga 505 meter. Saking luasnya danau ini mencakup 7 perbatasan kabupaten yang berbeda lho.

Pemandangan Danau Toba

2. Danau Towuti, Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan punya Danau Towuti dengan luas danau 561 KM dengan kedalaman maksimal 203 meter. Danau ini berada di Kabupaten Luwu Timur.

3. Danau Poso, Sulawesi Tengah

Masih di Pualu Sulawesi, tepatnya di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah ada Danau Poso. Danau terbesar ketiga ini memiliki luas 323 km dengan kedalaman mencapai 450 m.

Danau Poso, Sulawesi Tengah

4. Danau Sentarum

Danau Sentarum di Kalimantan Barat berbeda dengan danau pada umumnya, berjenis floodplain. Danau ini musiman dan kedalamannya hanya 8 meter saja. Namun luas permukaannya hingga 275 Km lho.

Danau ini hanya dipenuhi air selama 10 bulan saja dan kemudian akan surut membentuk kolam kecil. Seperti itu setiap tahunnya. Dan danau ini juga ditetapkan sebagai taman nasional.

5. Danau Tempe

Berada di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Danau Tempe memiliki luas permukaan mencapai 350 km persegi. Danau ini hanya memiliki kedalaman 5 meter karena proses sedimentasi.

Danau Tempe di Kabupaten Wajo, Sulsel, Januari 2020 (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)

6. Danau Paniai, Papua

Danau ini berada di ketinggian 1.742 mdpl lho. Berlokasi di Kabupaten Paniai, Papua dan mempunyai luas 195 km persegi dengan kedalaman mencapai 50 meter. Sayangnya, akses ke danau ini masih cukup sulit untuk wisatawan karena cukup jauh dari Kota Jayapura.

7. Danau Matano, Sulawesi Selatan

danau

Masih di Sulawesi, tak hanya luas namun juga disebut sebagai danau terdalam di Indonesia, yaitu Danau Matano. Adapun kedalaman danau ini mencapai 590 meter.

8. Danau Ranau, Sumatera Selatan dan Lampung

Bergeser ke Sumatera, tepatnya di Sumatera Selatan dan Lampung ada Danau Ranau. Danau ini memiliki luas 125.9 km persegi dengan kedalaman hingga 229 meter. Danau vulkanik ini berada di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat (Provinsi Lampung) dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (Provinsi Sumatera Selatan).

Danau Ranau

9. Danau Singkarak, Sumatera Barat

Terdapat beberapa danau cantik di Sumatera Barat dan yang masuk ke dalam daftar danau terbesar adalah Danau Singkarak. Danau ini berada di Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Danau dengan pemandangan indah ini memiliki luas sekitar 107,8 km persegi dengan kedalaman mencapai 268 meter. Danau ini terkenal dengan produksi ikan bilihnya.

puncak gobah danau singkarak

10. Danau Maninjau, Sumatera Barat

Danau tektonik yang berada di Sumatera Barat ini terletak di Kabupaten Agam. Berada di ketinggian 459 m, danau ini memiliki luas 99,5 km persegi dengan kedalaman 165 meter. Danau ini cukup terkenal dengan pemandangannya yang indah dan dikelilingi pegunungan.

Panorama indahnya Danau maninjau, sumatra Barat. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto

Editor: PARNA
Sumber: detiktravel