Polda Metro Jaya menangkap 12 perampok nasabah bank yang terekam CCTV dan viral di Depok, Selasa (5/5). Saat itu korban kehilangan uang Rp 80 juta.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, dari 12 tersangka yang ditangkap, 3 pelaku terpaksa ditembak mati karena melawan saat ditangkap. Para pelaku ditangkap di 3 lokasi berbeda dalam operasi sejak Sabtu (13/6) hingga Minggu (14/6).

“Dari 12 orang, 3 meninggal dunia karena melawan petugas saat penangkapan. Di antara mereka ini 1 orang pelaku berinisial DF residivis keluar masuk penjara,” kata Nana di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (19/6).

“Mereka ditangkap di Bogor, Depok, dan Tangerang,” imbuh Nana.

Rilis kasus pembobolan kartu kredit

Nana menuturkan, para pelaku merupakan komplotan perampok spesialis nasabah bank. Dalam menjalankan aksinya, 12 pelaku memiliki perannya seperti menyamar jadi nasabah bank untuk memantau nasabah yang melakukan penarikan uang dalam jumlah banyak.

Nana menambahkan, pelaku kemudian mengirimkan ciri-ciri nasabah yang mengambil uang dalam jumlah banyak ke rekannya. Nasabah tersebut dibuntuti pelaku, lalu dijebak saat korban lengah. Pola perampokan mirip seperti dalam rekam CCTV.

“Modus operandi spesialis nasabah bank ini. Mempunyai peran masing-masing berpura-pura menjadi nasabah masuk ke bank mencari sasaran nasabah melakukan penarikan uang tunai paling besar. Melalui kontak HP, pelaku kirim ciri-ciri tertentu yang mengambil uang terbanyak kemudian dari pelaku yang ditugaskan mengirim kepada rekan lainnya,” ujar Nana.

Identitas para pelaku yakni WA, YS, DF, DD, DD, H, T, E, dan S. Sedangkan 3 pelaku yang ditembak mati yakni BS, RR, dan AMT. Saat beraksi para pelaku menggunakan senjata api rakitan jenis revolver.

“Kemudian barang bukti ada 3 senpi revolver rakitan. Kemudian ditemukan 8 butir peluru, 1 gergaji, 2 kikir, 6 karet ban yang dimodifikasi ditempeli paku, kawat, dan paku payung sudah dimodifikasi,” tandasnya.

Sebelumnya, aksi pencurian di mobil Innova yang terparkir seberang McDonald’s Bojongsari, Depok, Jawa Barat viral di media sosial, Selasa (5/5). Korban bernama Ida Rosida diketahui membawa uang Rp 80 juta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan korban baru pulang dari bank sekitar pukul 10.10 WIB. Uang tersebut disimpan dalam tas yang ditinggal dalam mobil.

Korban kemudian berhenti di pinggir jalan untuk membeli minyak wangi. Saat itulah datang empat orang tidak dikenal. Memecahkan kaca belakang sebelah kanan mobil dan mengambil tas tersebut.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan