JAKARTA – Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo (Romo Benny) berbicara terkait Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Romo Benny menilai RUU HIP bertujuan memperkuat ideologi bangsa, yakni Pancasila.
“Tujuan RUU HIP tentunya untuk memperkuat ideologi bangsa kita, yaitu Ideologi Pancasila,” kata Romo Benny dalam diskusi bertema ‘RUU HIP Akan Dibawa ke Mana’ yang digelar oleh AP3Knl, Rabu (17/6/2020).

Benny mengatakan haluan ideologi Pancasila merupakan pedoman bagi semua lapisan masyarakat dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. RUU ini, kata dia, diharapkan dapat memperkuat ideologi dan kelembagaan.

“Pancasila adalah pedoman bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk penyelenggara negara, dalam menyusun dan menetapkan perencanaan dan evaluasi terhadap terhadap semua kebijakan,” ucap Benny.

Dalam penyusunan RUU HIP, Benny menjelaskan masyarakat diharapkan berperan aktif dalam memberikan masukan. Ke depannya, Benny berharap Pancasila bisa menjadi kurikulum pendidikan dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi.

“Dengan ditundanya RUU HIP ini menjadi jalan bagi semua pihak, khususnya masyarakat, untuk memberikan masukan saran dan pendapat dalam penyusunan RUU ini,” katanya.

“Ke depannya, Pancasila harus menjadi kurikulum dari pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi. Karena Pancasila adalah sumber dari segala sumber dan keutamaan hidup,” sambungnya.

Editor: PARNA
Sumber: detiknews