JAKARTA – Industri perfilman Bollywood berduka setelah aktor muda kenamaan asal India, Sushant Singh Rajput ditemukan telah meninggal dunia di rumahnya, Minggu (14/6) waktu setempat.

“Polisi menemukan mayat Sushant Singh Rajput di kediamannya pada Minggu (14/6) sore,” kata juru bicara Kepolisian Mumbai, Pranaya Ashok kepada AFP. Ia juga memastikan bahwa kematian aktor itu karena bunuh diri.

Rajput dikenal masyarakat India dan dunia karena perannya di film besar dan kecil. Namun ia dilaporkan berjuang melawan depresi.

Kabar Rajput meninggal dunia ini hanya beberapa hari setelah kematian mengejutkan mantan manajernya, Disha Salian.

“Menyakitkan bagi kami bahwa Sushant Singh Rajput tak lagi bersama kita,” kata tim manajemen Rajput dalam pernyataannya.

“Kami meminta penggemarnya tetap mengingat ia dan merayakan kehidupannya, juga karyanya seperti yang selama ini kalian lakukan,” lanjutnya.

Kabar Sushant Singh Rajput meninggal dunia ini pun membuat Bollywood berduka. Apalagi, sejumlah tokoh besar seperti Irrfan Khan dan Rishi Kapoor juga meninggal dunia beberapa waktu lalu sebelum kabar ini datang.

“Saya akan amat merindukannya,” kata bintang Bollywood Shah Rukh Khan dalam kicauan di media sosialnya, sembari melampirkan fotonya bersama Rajput. “Energinya, antusiasmenya, dan senyuman lebarnya,”

“Terkejut dan tak bisa berkata-kata,” kata bintang Bollywood lainnya, Akshay Kumar. “Aktor yang amat berbakat, semoga keluarganya diberi kekuatan oleh Tuhan,”

Selain para aktor, Bollywood juga kehilangan seniman lainnya. Pada awal Juni, Wajid Khan yang merupakan salah satu komposer lagu joget Bollywood terkenal, meninggal dunia pada usia 42 tahun setelah terinfeksi Covid-19.

Bukan hanya mereka, sineas Basu Chatterjee juga meninggal dunia pada usia 90 tahun pada pekan lalu.

Lahir di Patna, Sushant Singh Rajput berhenti kuliah teknik untuk mengejar impiannya menjadi seorang aktor dan penari.

Ia kemudian mulai dikenal luas setelah terlibat dalam film Kai Po Che pada 2013. Film tentang olahraga kriket berbalut cinta dan politik tersebut mendapatkan banyak pujian di Berlin Film Festival.

Film teranyar Rajput adalah drama komedi Chhichhore dan film laga Drive yang dirilis pada tahun lalu.

Pada 2016, Sushant Singh Rajput mengatakan kepada AFP gejolak emosinya kala syuting film biopik soal bintang kriket, MS Dhoni: The Untold Story. Film biopik tersebut juga mengisahkan kematian mantan kekasih dari atlet tersebut.

“Itu sulit bagi saya karena, setelah kami melakukan persiapan, di kepala saya adalah dia dan segalanya yang terjadi sungguh memengaruhi saya.” kata Rajput.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia