Salah satu masalah yang paling sering muncul ketika mau lulus SMA adalah bingung mau masuk jurusan mana atau belum seratus persen yakin dengan jurusan yang dipilih untuk kuliah nanti.

Jangan menyepelekan proses menentukan jurusan kuliah ini kalau kamu nggak mau menyesal di kemudian hari. Tentu kalian nggak mau kan kalau sampai salah jurusan, maka gunakanlah dengan bijak waktu yang masih kalian miliki untuk memilih jurusan yang tepat dengan lima tips di bawah ini.

1. Pilih Jurusan yang Kamu Sukai

Kalau kamu bingung banget mau masuk jurusan kuliah apa, maka pilihlah jurusan kuliah dari bidang yang memang kamu sukai. Menjalani bidang kuliah yang kamu sukai, setidaknya bisa menjawab kebingungan kamu dalam memilih jurusan, karena paling tidak kamu akan menjalani hal-hal yang disukai sehari-hari di kampus dan enggak menjadikan itu sebuah keterpaksaan. Memilih jurusan jangan sekadar hanya untuk keren-kerenan, ya. Pastikan kamu juga tertarik pada bidang kuliah yang akan kamu jalani.

2. Akreditasi Jurusan

Setiap perguruan tinggi atau akademi pastinya memiliki akreditasi untuk masing-masing jurusan yang mereka punya. Pilihlah jurusan dengan akreditasi yang cukup baik, karena nantinya mau tak mau hal tersebut akan menjadi pertimbangan sebuah perusahaan ketika kamu melamar. Tentunya, balik lagi ke pilihan jurusan yang memiliki akreditasi yang cukup baik tersebut juga merupakan jurusan yang kamu minati.

3. Pilih Jurusan yang Peluang Kerjanya Besar

Percuma juga kan kuliah asik tapi peluang kerja di luarnya nggak banyak? Sebaiknya kamu juga pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah dengan peluang kerja yang cukup besar. Pilihlah jurusan yang paling banyak dicari perusahaan. Kamu bisa melihat seberapa besar antusias perusahaan-perusahaan mencari pekerja yang sesuai dengan bidang usaha mereka di situs pencari kerja ataupun di forum-forum yang tersebar luas di media sosial. Ini saatnya kamu menggunakan fungsi penuh media sosial dengan bijak.

4. Latar Belakang Lulusan

Enggak ada salahnya sebelum kamu memilih jurusan, kamu melakukan riset kecil-kecilan, siapa tahu kakak kamu atau siapapun orang yang terdekat denganmu memiliki pengalaman tentang jurusan yang kamu minati. Jadi, kamu bisa tanya-tanya secara langsung tentang jurusan tersebut. Biasanya, mereka akan membeberkan beberapa hal yang bisa jadi pertimbanganmu.

5. Ketahui Plus Minusnya

Pilihlah beberapa opsi jurusan, jangan cuma satu. Lalu, mulailah untuk membandingkan jurusan satu dengan yang lain. Hal tersebut akan menjadi insight buat kamu sebelum kamu menentukan jurusan apa yang akan kamu pilih. Lakukan riset melalui internet atau bisa juga dengan bertanya ke kerabat yang sudah punya pengalaman menjalani salah satu opsi dari jurusan-jurusan yang sudah kamu list. Barulah dari situ kamu punya perbandingan mendasar jurusan apa yang nantinya akan kamu pilih.

Itulah beberapa cara memilih jurusan kuliah dengan tepat agar kamu tidak salah pilih jurusan. Kamu harus benar-benar mengenal lebih dalam jurusan yang akan kamu pilih karena nantinya kamu akan bergelut dengan jurusan yang kamu pilih bertahun-tahun hingga pada akhirnya kamu akan menjalani tahap skripsi lalu memasuki dunia kerja.

Dengan kata lain, pilihanmu terhadap jurusan kuliah nanti merupakan penentu masa depan kamu 5 tahun mendatang. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya! Selain itu, agar kamu dapat memilih jurusan yang kamu inginkan dengan mudah, kamu juga harus disiplin dalam proses belajar.

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/cara-memilih-jurusan-kuliah/

Editor: PARNA
Sumber: kumparan