JAKARTA – Sosok bintang Barcelona Lionel Messi disebut memiliki peran penting di balik kesuksesan Mohamed Salah bersama Liverpool.

Dikutip dari Mirror, mantan pelatih timnas Mesir Bob Radley menyebut La Pulga, julukan Messi, merupakan inspirasi atas keberhasilan Salah sejauh ini.

Bradley yang asal Amerika Serikat itu melatih Mesir sejak 2011 hingga 2013. Meski gagal bersama Mesir, namun Bradley jadi salah satu tokoh yang membuat Salah bersinar.

“Salah meningkat pesat sejak saya meninggalkan timnas Mesir. Dia pemain hebat,” ujar Bradley kepada televisi Mesir Sada El Balad dikutip dari Mirror.

“Saya mengatakan kepadanya untuk memperhatikan Messi dengan cermat, sehingga dia bisa meningkatkan kinerjanya, dan dia menerima saran saya,” tutur Bradley menambahkan.

Pelatih 62 tahun itu tidak saja memberikan saran, tetapi juga mengubah posisi Salah dari second striker dan sayap kiri ke posisi penyerang sayap kanan.

Di posisi sayap kanan tersebut Salah menjadi lebih produktif dan cemerlang, baik saat di FC Basel, AS Roma, maupun di Liverpool.

“Saat itu saya mencoba mengubah posisi bermain Salah sebagai striker, karena dia memiliki kecepatan. Dia sekarang salah satu pemain terbaik di dunia,” ucap Bradley.

Bersama Jurgen Klopp di The Reds, kualitas Salah kian terasah. Pada musim pertamanya bersama Liverpool, 2017/2018, Salah mencetak 44 gol di semua ajang. Musim lalu Salah mencetak 27 gol, dan di musim ini mengemas 20 gol.

Padahal sebelum pindah ke Liverpool, Salah tidak pernah mencetak 20 gol dalam semusim. Mantan pelatih Arsenal Arsene Wenger juga pernah menyamakan Salah dengan Messi.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia