JAKARTA – Tahukah Anda kalau keju ternyata bisa membuat orang kecanduan?

Para ilmuwan mengklaim bahwa keju dapat membuat orang kecanduan lantaran memiliki zat adiktif yang disebut kasein. Maka dari itu seseorang sulit menolak sepotong keju yang dilumuri oleh keju.

Kasein yang terdapat dalam keju bisa memicu reseptor opioid yang menyebabkan seseorang ketagihan. Universitas Michigan melakukan sebuah studi yang meneliti kandungan yang berkhasiat sebagai narkoba pada makanan.

Dalam hasil studinya, piza menjadi salah satu makanan yang paling adiktif di dunia karena lelehan kejunya.

“Lemak juga diprediksi menjadi masalah semua orang, terlepas dari apakah mereka mengalami gejala kecanduan makanan atau tidak,” kata salah satu penulis, Erica Schulte.

Perwakilan dari komite dokter, Neal Barnard mengatakan bahwa kasein akan terpecah saat proses pencernaan dan akan melepaskan zat candu serupa dengan opium yang disebut casomorphin.Sejumlah studi mengungkapkan bahwa casomorphin merangsang reseptor opioid yang menimbulkan kecanduan di otak.

ilustrasi pizza

“Casomorphin benar-benar dapat membangkitkan reseptor dopamin dan memicu elemen adiktif,” kata seorang ahli diet Cameron Wells.

Jumlah kasein yang terdapat dalam susu sangat kecil. Namun untuk menghasilkan 0,5 kilogram keju membutuhkan sekitar 4,5 kilogram susu. Jadi, saat mengonsumsi keju dalam porsi banyak maka Anda menelan kasein dalam jumlah yang tinggi.

Dari studi yang dilakukan oleh Universitas Illnois, diperkirakan orang-orang Inggris mengonsumsi keju sekitar 16 kilogram. Hal itu menunjukkan keju membuat adiktif.

Masalahnya, keju dapat memberikan pengaruh buruk dalam tubuh ketika keju diproses dengan metode pengolahan yang tinggi. Makanan olahan atau makanan yang mengandung lemak yang ditambah dengan karbohidrat olahan bisa memicu perilaku makan adiktif.

Orang dengan gejala kecanduan makanan, termasuk keju memiliki indeks massa tubuh tinggi diakibatkan oleh pola makan yang banyak didominasi oleh makanan olahan.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia