JAKARTA – Beberapa jenis makanan memiliki kandungan yang dapat membuat Anda lebih cepat tua. Makanan-makanan ini mempercepat proses penuaan sel sehingga tubuh terlihat lebih tua dibandingkan umur sebenarnya.

Makanan merupakan salah satu faktor yang membuat penuaan dini selain merokok, paparan sinar matahari, dan gaya hidup tidak sehat. Tanda penuaan dini adalah kulit yang kusam, muncul kerutan, rambut memutih.

Selain yang terlihat, sel dan organ di dalam tubuh juga mengalami penuaan dan rentan terhadap peradangan. Oleh karena itu, hindari makan makanan yang membuat cepat tua agar organ tubuh dan Anda tetap tampak awet muda.

Berikut makanan yang mempercepat proses penuaan.

1. Daging olahan
Daging olahan seperti daging asap, sosis, daging cepat saji mengandung pengawet yang tinggi. Pengawet tersebut dapat memicu radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak organ dan mempercepat penuaan.

2. Gula
Konsumsi gula dapat menyebabkan peradangan. Gula juga merusak kolagen dan elastin yang membantu kulit tetap sehat dan awet muda.

Tak hanya gula bubuk, makanan yang mengandung gula juga mesti dihindari seperti kue, permen, sirup, dan cocktail.

Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi gula maksimal 50 gram atau sekitar 4 sendok makan saja setiap harinya.

Ilustrasi gula

3. Minuman energi
Minuman energi, tinggi akan gula dan asam yang dapat merusak sel tubuh. Konsumsi minuman energi terus-menerus juga memicu dehidrasi yang mempercepat proses penuaan.

Hidrasi atau konsumsi air yang cukup dapat membuat kulit terlihat segar. Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi air 2 liter setiap harinya.

4. Makanan tinggi garam
Makanan tinggi garam juga mempercepat proses penuaan. Garam dapat menahan air sehingga membuat proses penuaan lebih mudah terjadi.

Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi garam 5 gram sehari atau 1 sendok teh saja.
5. Gorengan
Aneka gorengan juga tak baik untuk kesehatan. Makanan yang digoreng terlalu lama mengandung banyak minyak dan lemak yang memicu radikal bebas, penyebab penuaan.

6. Makanan yang dipanaskan
Dikutip dari Eat This, makanan yang dipanaskan dalam microwave juga dapat mempercepat proses penuaan. Makanan yang beku dan kemudian dipanaskan mengandung natrium yang berlebih, yang memicu penuaan.

7. Makanan yang mengandung lemak trans
Lemak trans adalah jenis lemak yang memiliki rangkaian atom karbon. Lemak trans dikenal juga dengan asam lemak trans dan lemak terhidrogenasi.

Lemak trans tidak baik untuk tubuh karena meningkatkan kolesterol, merusak organ, dan mempercepat penuaan.

Lemak trans banyak terdapat di dalam margarin, kue kering, camilan, gorengan, adonan yang didinginkan, dan krimer.

Sedapat mungkin hindari makanan-makanan ini untuk mencegah penuaan dan membuat tubuh tetap awet muda.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia