JAKARTA – Bos UFC Dana White menghadapi ancaman kehilangan bintang dalam waktu bersamaan seiring keputusan Jon Jones, Jorge Masvidal dan Conor McGregor untuk pensiun.

Jones yang menguasai kelas light heavyweight menyatakan pensiun dari UFC satu pekan lalu. Jones berhasil menyelesaikan kariernya dengan catatan tak terkalahkan lantaran hasil pertarungan. Satu-satunya kekalahan Jones disebabkan ia dinyatakan diskualifikasi.

Keputusan mundur Jones meninggalkan misteri lantaran usianya masih 32 tahun. Isu duel lawan Francis Ngannou yang belum tuntas juga membuat keputusan Jones patut dipertanyakan.

Rumor yang beredar, Jones menginginkan bayaran besar sehingga ia bakal kembali ketika UFC melakukan peningkatan nilai kontrak. Bos UFC Dana White bahkan menyatakan Jones menginginkan bayaran selevel Deontay Wilder, hal yang belum bisa dilakukan oleh UFC saat ini.

HOUSTON, TEXAS - FEBRUARY 08: (L-R) Jon Jones and Dominick Reyes in their UFC Light Heavyweight Championship bout during UFC 247 at Toyota Center on February 08, 2020 in Houston, Texas.   Ronald Martinez/Getty Images/AFP

Sepekan setelahnya giliran Jorge Masvidal dan Conor McGregor yang menyatakan pensiun. Masvidal yang memegang sabuk juara BMF kecewa dengan sikap yang ditunjukkan oleh Dana White terkait pengaturan pertarungan dirinya di kelas welter.

Sementara itu McGregor yang pernah jadi juara di kelas bulu dan kelas ringan juga kecewa dengan rencana pertarungan yang tidak jelas terhadap dirinya. McGregor menganggap UFC jadi menjemukan lantaran rencana duelnya tidak jelas.

Menghadapi keputusan mundur tiga jagoan tersebut, Dana White memilih tak bersikap lunak. White ingin menegaskan bahwa UFC tidak akan tergoyahkan hanya dengan ancaman pensiun petarung bintang.

“Kami tidak memohon orang untuk bertarung. Kami menawarkan pertarungan karena dalam kontrak kami, kami bakal memberikan tiga pertarungan dalam setahun. Saya berutang tiga pertarungan dalam setahun.”

“Namun petarung punya hak untuk menolak dan tidak mengambil hal tersebut. Jadi sebenarnya mereka bisa melakukan apapun yang diinginkan,” tutur White.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia