Penyerang PSG, Kylian Mbappe, dinobatkan menjadi pesepak bola paling bernilai di dunia saat ini oleh sebuah riset terbaru. Uniknya, megabintang seperi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo jauh dari daftar teratas.

Riset tersebut dilakukan oleh lembaga CIES Football Observatory. Kelompok peneliti sepak bola yang berbasis di Swiss itu memilih fokus pada pemain-pemain yang bermain di lima liga top di Benua Biru.

Para pemain muda mendominasi peringkat lima besar. Sebanyak empat pemain di lima besar di antaranya berasal dari Inggris.

Kylian Mbappe yang menduduki posisi puncak saat ini ditaksir memiliki nilai 259,2 juta euro (setara 4 triliun rupiah). Winger Man City, Raheem Sterling, menyusul di peringkat kedua dengan nilai 194,7 juta euro (setara 3 triliun rupiah).

Berturut-turut kemudian, ada Jadon Sancho dengan 179,1 juta euro (setara 2,8 triliun rupiah), lalu Trent Alexander-Arnold senilai 171,1 juta euro (setara 2,69 triliun rupiah), dan Marcus Rashford yang dihargai 152,3 juta euro (setara 2,39 triliun rupiah).

Dalam penentuan daftar tersebut, CIES menggunakan sejumlah variable dalam menghitung nilai pemain. Termasuk usia, kinerja dan faktor ekonomi merupakan variable yang digunakan oleh peneliti dalam membuat rangking.

Jika ingin melihat daftar lengkapnya, silakan klik tautan di bawah ini.

Dalam peringkat 10 besar, Messi, Ronaldo, dan Neymar tidak termasuk di dalamnya. Lalu, berada di peringkat berapa mereka?

Messi hanya menempati posisi ke-22 dalam daftar paling bernilai kali ini. Dengan usia yang nyaris 33 tahun, Kapten Barcelona itu ditaksir memiliki nilai 100,1 juta euro (setara 1,5 triliun rupiah).

Neymar menduduki peringkat ke-37. Bintang Timnas Brasil itu ditaksir bernilai 82,7 juta euro (setara 1,3 triliun rupiah).

Ronaldo kian menjauh dari papan atas. Bintang Portugal berusia 35 tahun itu kini ditaksir mempunyai nilai transfer 62,8 juta euro (setara 988 miliar rupiah), ada di posisi ke-70.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan