Setiap orang pasti sering merasakan cemas dan stres. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yaitu masalah pekerjaan. Bagi kalian yang sering merasa cemas ataupun stres, tidak ada salahnya untuk mencoba bermeditasi pada tengah malam. Tujuan dari meditasi yaitu melatih pikiran agar tetap tenang dan terpusat serta merasakan kesadaran penuh.

Meskipun hanya terlihat duduk dan memejamkan mata, ternyata meditasi memiliki beberapa manfaat yang baik untuk seseorang. Berikut ini adalah beberapa manfaat jika kalian melakukan meditasi dengan cara yang benar.

Meredakan Stres

Untitled Image

Kadar hormon kortisol di dalam tubuh akan meningkat dan tubuh akan melepaskan sitokin saat stres terjadi. Selain itu, adapula hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dan disebut juga sebagai hormon stres. Kedua hal inilah yang dapat meningkatkan tekanan darah, membuat depresi dan cemas seiring waktu sehingga kualitas tidur orang terganggu. Berdasarkan studi Carnegie Mellon University, meditasi terbukti ampuh menurunkan kadar kortisol pada seseorang.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Untitled Image

Meditasi juga dianggap dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang. Hal ini dibuktikan sebuah studi dengan pengamatan 149 pria dan wanita dengan usia rata-rata 59 tahun. Kemudian mereka dibagi menjadi tiga kelompok. Sebanyak 51 orang mengikuti program meditasi, 47 berolahraga lari dan bersepeda, dan sisanya tidak melakukan kegiatan apapun.

Setelah 8 minggu semenjak awal penelitian, peserta yang mengikuti meditasi mengalami 27 kali gejala flu atau pilek, orang yang berolahraga mengalami 26 kali, sementara orang yang tidak melakukan apa pun mengalami gejala sebanyak 40 kali. Hal ini membuktikan bahwa meditasi dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang.

Meningkatkan Daya Ingat

Untitled Image

Seiring bertambahnya umur seseorang, maka kemampuan mengingat sesuatu pun akan menurun. Dengan meditasi selama 10 menit setiap hari, rupanya bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Menurut ahli saraf dari Universitas California, salah satu manfaat dari meditasi yang dilakukan secara teratur yaitu meningkatkan kemampuan otak untuk memproses informasi dengan cepat.

Sekian pembahasan mengenai 3 manfaat dari meditasi bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan