JAKARTA – Drama Korea ‘Dinner Mate’ ramai diperbincangkan. Dalam drama tersebut membahas tentang psikologi makanan yang mengamati cara makan seseorang untuk menentukan kepribadian.
Pencinta drama Korea pasti tak mau ketinggalan untuk menyaksikan judul terbaru ‘Dinner Mate’. Apalagi para aktor dan aktris yang bermain di sana sama persis pada drama Korea yang berjudul ‘Crash Landing on You’.

Tak melulu cinta, drama Korea yang tayang perdana pada 25 Mei lalu ini memiliki jalan cerita yang menarik. Topiknya membahas tentang psikolog makanan dengan aktor Song Seung Heon berperan sebagai Kim Hae Kyung, seorang psikiater.

Nantinya ia akan mengamati cara makan seseorang untuk menganalisis kepribadian seseorang. Cara makan memang dapat menentukan seperti apa diri seseorang. Dilansir dari Little Things berikut 5 cara makan beserta ciri kepribadiannya.

Cara makan dapat mengungkap kepribadian seseorang

1. Makan Perlahan

Orang yang memiliki cara makan perlahan merupakan tipe orang yang benar-benar menikmati setiap suapan makanan yang mendarat di mulutnya. Jadi mereka tidak ingin terburu-buru untuk menyelesaikan makanan.

Menurut seorang Psikolog bernama Juliet, mereka yang memiliki cara makan seperti ini biasanya menginginkan semua hal dapat terkendali dengan baik. Selain itu, mereka mengetahui bagaimana menikmati dan menghargai hidup.

Mereka juga merupakan tipe orang yang percaya diri, stabil, dan cenderung tenang setiap kali menghadapi situasi apapun. Biasanya orang-orang yang makan secara perlahan merupakan pribadi yang patuh saat menjalankan rutinitas dan bukan merupakan orang yang melakukan aktivitas secara spontan.

2. Makan dengan Cepat
Berbeda dengan mereka yang memiliki cara makan yang cepat. Mereka dengan cara makan ini biasanya adalah yang selalu mengerjakan sesuatu hal dengan cepat. Cara makan ini menggambarkan mereka sangat multi-tasking.

Selain itu, juga memiliki rasa kompetisi yang sehat. Mereka dengan cara makan ini biasanya cenderung memiliki kepribadian yang ambisius, suka bekerja keras, terarah dan tidak sabaran. Bahkan mereka dapat mengerjakan sesuatu sebelum deadline.

Psikolog juga mengungkap bahwa mereka memiliki otak yang mampu berpikir sepuluh langka dari posisi saat ini. Sementara dalam hubungan sosial, mereka akan menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhannya sendiri.

Cara makan dapat mengungkap kepribadian seseorang

3. Makan dengan Teratur

Kamu pasti pernah menemukan seseorang yang memiliki cara makan yang rapi dan teratur. Mereka yang cara makan seperti ini merupakan tipe orang yang terorganisir atau tidak suka dengan hal-hal berantakan. Karenanya, mereka dipastikan memiliki keterampilan organisasi yang baik.

Keterampilan itu tidak hanya dilakukan saat makan saja, tetapi saat melakukan berbagai kegiatan seperti saat di tempat kerja begitupun saat melakukan kegiatan di rumah. Tentu saja mereka sangat bertanggung jawab dengan segala kegiatan yang dimiliki.

Maka tak heran, mereka sering diandalkan oleh orang lain. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan. Mereka dengan cara makan yang teratur ini cenderung akan menghindari situasi yang akan membuatnya repot.

Cara makan dapat mengungkap kepribadian seseorang

4. Suka Mencampur Makanan

Jika kamu biasa makan dengan cara mencampur semua jenis makanan bersama-sama, kamu merupakan tipe pribadi yang kuat dalam segala hal. Baik di rumah maupun di tempat kerja. Seperti di tempat kerja misalnya, mereka cenderung mengambil banyak tanggung jawab.

Namun, karena banyak tanggung jawab itu, mereka seringkali kesulitan untuk memprioritaskan mana yang harus ditangani terlebih dahulu. Untuk itu, dianjurkan untuk berlatih memprioritaskan lebih baik lagi.

Selain itu, mereka yang memiliki cara makan seperti ini adalah kepribadian yang ramah dan dapat bersahabat dengan siapa saja. Mereka juga memiliki hubungan yang sehat di mana tidak ada rasa takut untuk meluangkan waktu untuk semua orang.

Cara makan dapat mengungkap kepribadian seseorang

5. Pemilih
Cara makan pemilih maksudnya adalah sering meminta bahan-bahan tertentu untuk dimasukkan ke dalam makanan yang dipesan. Selain itu bisa juga meminta makanan yang dibuat sesuai keinginannya. Biasanya ini terjadi ketika makan di restoran.

Cara makan seperti ini juga dapat mengungkap kepribadian seseorang. Orang seperti ini senang berada di zona nyaman. Suka pilih-pilih makanan juga merupakan gambaran pribadi yang selalu ingin tahu dan haus akan informasi.

Mereka tidak merasa sungkan setiap kali mengutarakan banyak pertanyaan jika itu bisa membuat hidupnya lebih nyaman. Namun, mereka dengan cara makan ini biasanya lebih sering menganggap apa yang dipilih adalah yang terbaik dan cenderung tidak mau menerima pendapat orang lain.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood