JAKARTA – Hari Raya Idulfitri tak lengkap tanpa sajian yang istimewa. Persiapkan sejumlah makanan khas Lebaran, agar merayakan hari kemenangan di rumah semakin berkesan.

Hidangan yang nikmat saat Lebaran bukan sekadar pengisi perut. Makanan merupakan simbol keakraban yang dapat merekatkan hubungan kekeluargaan.

Berikut sejumlah rekomendasi makanan khas lebaran.

1. Ketupat
Ketupat merupakan simbol mengaku salah dan saling memaafkan. Dalam bahasa Jawa, ketupat disebut ‘kupat’ yang berarti kula ndherek lepat atau saya mengaku bersalah.

“Ketupat menjadi simbol makanan ketika semua orang mengaku bersalah dan saling memaafkan,” kata sosiolog Sigit Rochadi dalam sebuah wawancara dengan CNNIndonesia.com.

Ketupat dapat dinikmati sebelum atau setelah salat Id.

2. Opor ayam
Ketupat tak lengkap tanpa opor ayam. Olahan ayam kuah santan ini dahulunya merupakan persembahan rakyat untuk raja. Santan dianggap memiliki makna pangapunten atau meminta maaf.

Kini, opor ayam merupakan sajian istimewa di hari Lebaran.

Selain opor ayam, ketupat saat Lebaran juga bisa dipadukan dengan gulai nangka, gulai sayur, pical, dan lotek.

Ilustrasi opor ayam.

3. Sambal goreng ati
Sambal goreng ati merupakan hidangan pedas yang melengkapi ketupat dan opor ayam. Potongan ati ampela dicampur dengan cabai serta petai memberikan rasa pedas yang beraroma khas. Cita rasa makanan di hari raya akan semakin kaya.

Anda juga bisa menikmati sambal goreng ati dengan nasi panas.

4. Rendang
Dari ranah Minang, rendang merupakan salah satu hidangan wajib saat Lebaran. Rendang merupakan ucapan syukur.

Rendang juga tahan lama dan dapat dinikmati oleh keluarga besar. Rendang semakin nikmat jika disantap bersama-sama.

5. Lemang
Lemang merupakan hidangan beras ketan yang dimasak dengan di dalam bambu dengan cara dibakar. Lemang jadi hidangan yang wajib disajikan saat Lebaran bagi suku Melayu. Lemang juga merupakan simbol mengakui kesalahan.

Selain lemang, terdapat sejumlah olahan lain dari ketan yang berbeda di tiap daerah dan juga disajikan saat Lebaran. Misalnya, lepet ketan, burasa, dan sekubal.

6. Pempek
Dari negeri Wong Kito Galo, pempek jadi hidangan wajib yang disajikan saat Lebaran. Olahan ikan disandingkan dengan siraman cuka bakal menggugah selera di hari raya.

7. Soto
Makanan khas Nusantara lainnya yang juga dapat disajikan saat Lebaran adalah soto. Setiap daerah punya resep soto yang berbeda satu sama lain. Anda bisa menyajikan soto favorit Anda untuk jadi hidangan spesial bagi keluarga.

Siapkan makanan khas Lebaran agar hari kemenangan lebih bermakna.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia