Menteri Koordinator bidang Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta agar para pelaku industri menyiapkan skenario operasional perusahaan yang menyesuaikan konsep The New Normal.

Permintaan itu, kata Luhut, sesuai dengan perintah langsung dari Presiden Jokowi. Hal itu juga sudah ia bicarakan dengan sejumlah menteri lainnya.

“Jadi banyak hal nanti yang kita belum tahu apa yang akan terjadi New Normal nanti. Jadi kami sudah bicara dengan Menko Perekonomian dengan saya, satgas kesehatan, semua kita sudah duduk, kita menyusun dan memerintahkan setiap industri itu membuat protokol kesehatannya lebih detail, supaya tadi aman,” ujar Luhut dalam video conference, Sabtu (23/5).

Menteri Kemaritiman Luhut Binsar P

Luhut mengatakan, Jokowi kerap mengingatkan agar para menteri segera membahas dan mempelajari konsep The New Normal itu. Ia juga berharap, khusus untuk industri sudah bisa dilaporkan oleh Kementerian Perindustrian selepas lebaran.

“Nanti selesai lebaran Kementerian Perindustrian sudah akan lapor ke kami, Presiden sudah perintahkan supaya itu disiapkan. Jadi Presiden sangat aktif sekali dalam mengingatkan para menteri dan kami menko rapat, melakukan koordinasi ketat,” jelasnya.

Khusus untuk kementerian yang ia pimpin, meski tetap menerima para investor, Luhut memastikan protokol kesehatan dijalankan secara ketat.

“Ya kita kan tidak bisa ndak butuh investasi, kalau tidak ada bagaimana maju. Jadi apa yang datang ke Indonesia pasti kita minta mengikuti protokol kesehatan,” ujar Purnawirawan Jenderal TNI itu.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan