JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker saat berbelanja ke pasar jelang lebaran. Belakangan banyak masyarakat yang berbelanja meski status bencana wabah virus corona belum dicabut.

“Saya melihat pasar-pasar tradisional saat ini mulai ramai karena banyak masyarakat yang belanja dalam rangka persiapan hari raya. Saya ingin dipastikan ada pengaturan jarak yang baik, pakai masker,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas mengenai Persiapan Idul Fitri, Selasa (19/5).

Jokowi meminta petugas di lapangan dapat mengingatkan warga yang berbelanja untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Petugas di lapangan betul-betul bertugas untuk mengingatkan mengenai protokol kesehatan secara terus-menerus,” katanya.

Jokowi menuturkan, kunci keberhasilan pengendalian penyebaran covid-19 adalah kedisiplinan cuci tangan, jaga jarak, mengenakan masker, dan menghindari kerumunan. Untuk itu, ia meminta masyarakat mematuhinya.

“Saya minta protokol kesehatan betul-betul dipastikan di lapangan, terutama menjelang Idul Fitri dan pada saat nanti Idul Fitri,” ucapnya.

Sejumlah pasar tradisional di beberapa daerah diketahui dipadati masyarakat untuk berbelanja kebutuhan lebaran. Sementara Pasar Anyar Bogor juga dipadati pembeli. Terbaru, empat orang di Pasar Anyar dinyatakan reaktif covid-19.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia