Ketua Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo menjelaskan instruksi dari Presiden Jokowi terkait pencegahan dini melawan virus corona.

Doni menjelaskan, masyarakat terus diimbau untuk selalu hidup sehat agar tubuh bisa terjaga dari virus corona. Caranya adalah dengan menerapkan metode 4 sehat 5 sempurna.

4 sehat 5 sempurna adalah sebuah cara makan sehat yang pernah disosialisasikan pemerintah ke masyarakat pada beberapa tahun lalu, yakni makan daging, sayur, ikan, buah-buahan, dan minum susu.

Di masa pandemi ini, narasi 4 sehat 5 sempurna seperti itu, kata Doni kembali disosialisasikan ke masyarakat. Namun diganti dengan cara baru, terkait pencegahan COVID-19.

“Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, olahraga cukup, istirahat dan jangan panik,” kata Doni dalam konferensi pers virtual, Senin (18/5).

Oleh karena itu Doni meminta masyarakat bisa mematuhi imbauan pemerintah, agar mata rantai COVID-19 bisa terputus. Ia pun meminta berbagai pihak ikut menyosialisasikan 4 sehat 5 sempurna di era COVID-19 seperti saat ini ke masyarakat agar bisa diterapkan.

“Kami kerja sama dengan komponen bangsa dengan kolaborasi berbagai lintas agar narasi tentang 4 sehat 5 sempurna zaman COVID-19 bisa dipahami masyarakat,” ujar Doni.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan