Juru bicara penanganan corona, dr Achmad Yurianto. Foto: Dok. BNPB

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengimbau masyarakat untuk beradaptasi agar bisa lebih produktif namun tetap aman dari penyebaran virus corona.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, meminta masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Kalau kita tidak beradaptasi dengan sistem seperti, sementara kita yakini virus masih belum bisa dihilangkan dari muka bumi, maka kita tidak akan bisa selamat. Kita tidak akan bisa bertahan dari kondisi ini,” kata Yuri, Sabtu (16/5).

Pemerintah mulai mengeluarkan imbauan agar masyarakat lebih beradaptasi. Pernyataan WHO yang menyebut virus corona sulit sepenuhnya lenyap jadi rujukan pemerintah untuk mulai membuka kembali aktivitas. Misalnya, kebijakan pengecualian dalam moda transportasi serta mengizinkan kelompok usia 45 tahun ke bawah untuk bekerja namun tetap dalam kerangka Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Per Sabtu (16/5) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif bertambah 529 orang, sehingga total kini ada 17.025 terjangkit corona.pasien meninggal menjadi 1.089 orang. Sementara jumlah pasien virus corona yang sembuh bertambah 108 orang, menjadi 3.911 orang.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan