JAKARTA – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menilai kapten Barcelona, Lionel Messi lebih sempurna dari Cristiano Ronaldo (Juventus).

Klopp tak memungkiri juga mengagumi sosok Ronaldo. Namun, ia menilai level La Pulga berada di atas Ronaldo.

“Buat saya Messi, tetapi saya tidak bisa mengagumi Ronaldo lebih dari yang sudah saya lakukan,” ujar Klopp kepada Freekickerz seperti dilansir Daily Mail.

“Kami sudah pernah bermain melawan keduanya dan keduanya sangat sulit untuk dijaga. Namun, Messi memiliki kriteria fisik yang di bawah ideal [sebagai pesepakbola].”

Insert Artikel – Mengurangi Risiko Terinfeksi Virus
Klopp lantas coba membandingkan antara Ronaldo dan Messi. Menurut Klopp, Ronaldo merupakan gambaran dari sosok pesepakbola ideal yang diinginkan banyak orang, sedangkan Messi sebaliknya.

“Jika Anda menggambar sosok Anda sebagai pemain yang sempurna maka dengan tinggi yang seperti Ronaldo, melompat, dan berlari secepat yang Ronaldo lakukan. Kemudian sikap dia, benar-benar sempurna dan profesional,” kata Klopp.

“Di sisi yang lain ada Messi yang membuat segalanya tampak sederhana. Karena itu saya menyukainya sebagai pemain. Tetapi Ronaldo pemain yang benar-benar luar biasa,” ia melanjutkan.

Klopp pun terkesan dengan kemampuan Messi dan Ronaldo bersaing di level atas hingga saat ini. Pelatih asal Jerman itu menilai kedua pemain tersebut sudah meninggalkan suatu warisan untuk sepak bola.

“Apa yang sama-sama dimiliki keduanya adalah kedua pemain ini telah meninggalkan jejak mereka untuk waktu yang lama.”

Messi dan Ronaldo telah berbagi panggung sebagai pesepakbola lebih dari satu dekade terakhir. Dalam kurun waktu tersebut, Messi meraih enam gelar Ballon d’Or diikuti Ronaldo dengan lima gelar Ballon d’Or.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia