JAKARTA – Pekan ini ada sejumlah perkembangan penting terkait virus Corona. Antibodi berhasil ditemukan dan juga kisah ramalan ilmuwan China.

Masyarakat tetap menunggu perkembangan terbaru dari sisi sains dimana ilmuwan terus berjuang menciptakan vaksin Corona. Ada beberapa peristiwa yang menarik perhatian sepanjang minggu ini.

Seperti dihimpun detikINET, Sabtu (9/5/2020) ini berita terpopuler pekan ini terkait virus Corona:

1. Antibodi Virus Corona Ditemukan

Ilmuwan selangkah lebih dekat untuk menemukan perawatan COVID-19. Antibodi yang bisa menghalangi virus Corona sudah ditemukan oleh para peneliti dari Utrecht University, Erasmus Medical Centre di Belanda dan perusahaan Harbour BioMed (HBM) di Inggris.

Menurut Profesor Berend-Jan Bosch yang memimpin penelitian mengatakan antibodi ini menyerang protein mahkota pada tubuh virus Corona. Mahkota berduri ini yang menempel pada sel manusia dan lalu memasukkan materi genetik untuk berkembang biak di tubuh inangnya.

Dalam percobaan pada tikus antibodi yang disebut 47D11 menghancurkan SARS-CoV dan SARS-CoV-2. Hasil riset ini sudah dipublikasikan di Nature Communications. Tim ini ternyata sudah meneliti virus corona hampir 20 tahun sejak wabah virus SARS.

“Penemuan ini jadi dasar yang kuat untuk riset lanjutan untuk melihat karakter antibodi ini dan memulai pengembangan sebagai pengobatan COVID-19,” kata Profesor Frank Grosveld dari Erasmus Medical Centre di Rotterdam.

2. ‘Ramalan’ Bos Lab Wuhan Soal Corona

Direktur Center for Emerging Infectious Diseases di Wuhan Institute of Virology (WIV) Shi Zhengli lagi jadi buah bibir. Perempuan virolog peneliti virus kelelawar ini adalah yang pertama menemukan sekuens gen COVID-19.

Laboratoriumnya juga dituduh Amerika sebagai tempat kebocoran virus, namun Zhengli membantah. Justru Zhengli jadi buah bibir karena pada tahun 2018 pernah ‘meramalkan’ akan ada wabah.

“Jika kita manusia tidak waspada, infeksi virus selanjutnya, apakah langsung atau melalui hewan lain, kemungkinannya benar-benar eksis,” cetus Zhengli melontarkan semacam prediksi dalam sebuah seminar kedokteran.

Dia menyarankan agar masyarakat China berhenti mengonsumsi hewan liar atau merusak habitatnya. Tapi sepertinya saran tersebut tidak diindahkan dan muncullah COVID-19. Walaupun belum ada bukti sahihnya, COVID-19 diduga bersumber dari pasar hewan di Wuhan.

3. Bill Gates yang Tahu Segalanya

Soal Vaksin Corona Ketika membahas rencana vaksin Corona, semua tertuju pada Co-founder Microsoft, Bill Gates. Dia seperti tahu segalanya soal rencana pembuatan vaksin Corona.

Melalui Bill & Melinda Gates Foundation, jutawan ini sudah menggelontorkan duit USD 250 juta untuk mengatasi pandemi COVID-19. Dia memprediksi vaksin akan siap 18 bulan lagi.

“Vaksin pertama akan diberikan pada pekerja kesehatan dan mereka yang penting. Ini bisa terjadi sebelum 18 bulan mendatang jika semuanya berjalan dengan baik,” cetus sang pendiri Microsoft.

Bill Gates juga memprediksi vaksin Corona bisa dijual murah dan mampu dibeli semua orang. Bill Gates juga yakin vaksin dengan metode RNA akan segera tercipta dan dia yakin vaksinnya akan ampuh.

“Satu-satunya cara untuk mengembalikan dunia seperti sebelum COVID-19 adalah vaksin yang sangat efektif yang mencegah penyakit tersebut,” kata dia.

Bukan cuma itu, Bill Gates juga sudah menghitung kebutuhan vaksin sebanyak 7 miliar dosis. Namun karena kebutuhan mendesak, Bill Gates mengatakan dunia tidak bisa menunggu sampai vaksinnya 100 persen sempurna.

“Vaksin cacar dulu memang jauh dari sempurna, tapi ia berhasil. Vaksin COVID-19 mungkin saja mirip-mirip,” tambah pria berkacamata ini.

Namun Bill Gates dibayangi dengan kritikan. Dia dianggap main di dua kaki dan punya konflik kepentingan. Yayasannya menjadi pendonor WHO terbesar kedua dan dia mendorong riset vaksin Corona, tapi Bill Gates juga dituding mau jualan obat karena mendanai perusahaan Innovio yang lagi uji coba vaksin Corona untuk manusia.

4. Dua Dokter yang Pertama Menemukan COVID-19

Dunia kini dilanda wabah pandemi virus Corona. Tanpa kiprah dua dokter China ini, mungkin dunia tidak akan menyadarinya dan kena dampak lebih parah.

Adalah Dr Zhang jixian (54) dan Dr Li Wenliang yang pertama kali menemukan COVID-19. Dr Zhang melaporkan pada Centers for Disease Control and Prevention (CDC) China di tanggal 27 Desember 2019 setelah mengobservasi tiga pasien yakni pasangan lansia dan anaknya yang memiliki ‘pneumonia misterius’.

Sementara, Dr Li Wenliang, memperingatkan penyakit ‘mirip SARS’ di media sosial pada 30 Desember 2019. Namun pernyataannya saat itu dianggap sebagai kabar bohong atau hoax di. Ironisnya, ia meninggal dunia pada 7 Februari 2020 karena penyakit yang ia peringatkan dari jauh-jauh hari itu.

Akhirnya pada 7 Januari 2020, China mendeklarasikan penemuan virus tersebut yang digolongkan sebagai family dari virus Corona, yang mana termasuk SARS dan MERS.

Editor: PARNA
Sumber: detikinet