Sebanyak lebih dari 60 persen anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid test.

20 orang anggota DPRD itu kini melakukan isolasi sembari menunggu hasil tes swab keluar.

Berawal rapid test massal

Ilustrasi rapid test virus corona

Mulanya, Pemerintah Kabupaten Gowa menggelar rapid test massal pada Selasa, 5 Mei 2020.

Rapid test itu termasuk menyasar 30 orang anggota DPRD Gowa.

Hasilnya mengejutkan. Sebanyak 20 orang atau 60 persen lebih anggota DPRD Gowa dinyatakan reaktif.

“Iya memang betul dari hasil rapid test, puluhan yang reaktif dalam hal ini sebanyak 30 orang anggota dewan yang dites dan 20 di antaranya dinyatakan reaktif Covid-19,” kata salah satu anggota DPRD Gowa, Ramli Rewa.

Ilustrasi penyebaran virus corona

Mencekam

Ramli yang juga merupakan koordinator satgas lawan Covid-19 DPRD Gowa itu membenarkan jika hasil rapid test mengejutkan banyak pihak. Para anggota DPRD, kata Ramli, juga tidak menyangka dengan hasil tersebut.

“Mencekam kemarin itu. Kayak orang berkabung ketika kita mendengar informasi itu,” kata dia, dilansir dari Tribun Gowa. Anggota yang reaktif telah menjalani tes swab. “Sebagian besar sudah diswab. Tinggal tunggu hasilnya,” kata dia.

Sementara menunggu hasil tes, mereka akan menjalani isolasi mandiri. Baca juga: Jalani Rapid Test, 24 Tenaga Medis Hasilnya Reaktif Kasus di Gowa Lihat Foto Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia.

Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia.

Mengacu data Pemkab Gowa, jumlah warga setempat yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 40 orang hingga Kamis (7/5/2020). Kepala Dinas Informasi dn Komunikasi Kabupaten Gowa Arief Sani menjelaskan, jumlah PDP sebanyak 202 orang dan 405 orang merupakan ODP.

“Hingga Kamis ini terdapar peningkatan pasien positif mudah mudahan dalam masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) ini mampu menurunkan jumlah penularan Covid-19” kata dia.

Editor: PARNA
Sumber: kompascom