JAKARTA – Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sering dibandingkan sebagai pemain terbaik dunia. Namun menilik catatan yang ada, Messi lebih sering menang saat berjumpa langsung lawan CR7.

Messi lawan Ronaldo merupakan tajuk utama sepak bola era saat ini. Kemampuan kedua pemain yang jauh di atas rata-rata pemain lain membuat keduanya sering dibandingkan.

Keduanya benar-benar mendominasi sepak bola lewat catatan penghargaan pemain terbaik. Messi sudah enam kali jadi pemain terbaik sedangkan Ronaldo lima kali memenangkan penghargaan tersebut.

Berbagai macam variabel terus disematkan masing-masing pendukung untuk membuat Messi dan Ronaldo bergantian unggul dalam perdebatan tentang pemain terbaik.

Juventus' Portuguese forward Cristiano Ronaldo reacts after missing a goal opportunity during the Italian Serie A football match SPAL vs Juventus on February 22, 2020 at the Paolo-Mazza stadium in Ferrara. (Photo by Isabella BONOTTO / AFP)

Namun bila merujuk data duel langsung kedua pemain saat tim yang mereka bela bertemu di lapangan, Messi masih memiliki keunggulan atas Ronaldo hingga saat ini.

Dikutip dari Give Me Sport, Messi lebih sering memenangkan pertandingan dalam duel lawan tim Ronaldo yang telah terjadi dalam 35 pertandingan. Messi membukukan 16 kemenangan dibandingkan 10 kemenangan yang didapat oleh Ronaldo.

Selain unggul dalam jumlah kemenangan, Messi juga memimpin dalam torehan individu. Messi sukses mencetak 22 gol dan 11 assists dalam 35 laga lawan Ronaldo. Sementara itu CR7 mengoleksi 19 gol dan menorehkan satu assist.
GIF Banner Promo Testimoni

Kesempatan Ronaldo untuk memperbaiki rekor lawan Messi makin sulit seiring keputusan Ronaldo pergi ke Juventus pada 2018.

Pasalnya, mayoritas pertemuan Messi dan Ronaldo sebelumnya terjadi di El Clasico. Dengan El Clasico, Ronaldo dan Messi setidaknya berjumpa dua kali, belum lagi ditambah bila terjadi duel di Piala Super Spanyol, Copa del Rey, atau Liga Champions.

Kini peluang melihat duel Ronaldo dan Messi hanya bakal terlihat di Liga Champions atau duel antara Argentina lawan Portugal.

Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah bila Messi hengkang ke Liga Italia untuk bergabung dengan Inter Milan seperti rumor yang beredar atau Ronaldo kembali ke Real Madrid.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia