NEW MEXICO – Di tengah pandemi Corona, Virgin Galactic tetap menguji terbang pesawat SpaceShipTwo, yang akan membuka wisata luar angkasa di masa mendatang.
Uji coba yang dilakukan di New Mexico, AS, tidak mengalami kendala berarti. Justru, Virgin Galactic, dengan menjajal pesawat tersebut telah mencapai beberapa titik uji sebelum akhirnya mendarat sempurna di Spaceport America.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada tim kami karena telah mencapai tonggak sejarah penerbangan ini, terutama selama masa-masa sulit ini,” ujar CEO Virgin Galactic George Whiteside.

Dengan komitmen yang terus dijalankan maka ia yakin segera memungkinkan penerbangan menuju luar angkasa secara komersil. “Dedikasi dan kreativitas yang akan memungkinkan kami untuk terus dengan aman menuju tujuan peluncuran komersial kami,” sebutnya.

Uji terbang SpaceShipTwo ini juga memberikan kesempatan bagi perusahaan melakukan berbagai manuver, yang nantinya dijadikan data berkaitan kualitas dan kinerja pesawat ini.

Sementara itu, titik uji yang dimaksud sebelumnya, seperti dikutip dari Slashgear, Minggu (3/5/2020) membantu peningkatan pemodelan aerodinamisnya. Pada akhirnya, semua tujuan pengujian penerbangan tercapai.

Meski belum pasti kapan wisata luar angkasa ini akan dilakukan, perusahaan besutan Richard Branson ini mengharapkan cita-cita tersebut tercapai dalam waktu dekat.

Dalam mengantarkan wisatawan ke antariksa, Virgin Galactic akan menggunakan Pesawat SpaceShipTwo, yang dikenal VSS Unity, punya kapasitas enam orang dan 2 kru ini hampir siap diterbangkan ke orbit dan kembali lagi ke bumi.

Pesawat yang telah melalui serangkaian uji coba tersebut akan dipindahkan ke Spaceport America di New Mexico, Amerika Serikat, sebuah pusat wisata komersial yang dikelola Virgin Galactic.

SpaceShipTwo dirancang untuk meluncur di angkasa setelah diangkut oleh pesawat WhiteKnigtTwo. Proses peluncuran ini terjadi setelah berada di ketinggian 50.000 kaki atau 15.000 meter dari daratan.

Editor: PARNA
Sumber: detikinet