JAKARTA – Penyebaran virus Corona yang melanda banyak negara termasuk Amerika Serikat (AS) telah berdampak besar terhadap laju ekonomi negeri Paman Sam ini. Gubernur The Fed, Jerome Powell menilai COVID-19 membuat ekonomi AS terburuk sepanjang sejarah.
“Kami akan melihat kondisi ekonomi yang lebih buruk di kuartal II. Ada konsekuensi langsung dari penyakit dan tindakan yang kami ambil untuk melindungi diri dari virus itu,” kata Powell seperti dikutip dari CNN, Kamis (30/4/2020).

Powell menilai pemulihan ekonomi AS akan berjalan panjang. Ekonomi AS akan mulai bangkit secara signifikan pada kuartal III atau ketika bisnis kembali dibuka.

“Kami akan memasuki fase baru dan kami mungkin baru mulai melakukan itu. Kami akan memulai langkah-langkah social distancing secara bertahap di berbagai bagian negara, selama periode ini ekonomi akan pulih,” jelasnya.

Dia optimistis ekonomi AS akan mulai meningkat pada kuartal III lantaran adanya kegiatan ekonomi yang cukup besar.

“Orang-orang akan keluar dari rumah, mulai belanja lagi, kita akan melihat pengangguran turun, kita akan melihat kegiatan ekonomi meningkat,” ungkapnya.

Editor: PARNA
Sumber: detikfinance