JAKARTA – Setelah aturan lockdown akibat pandemi virus corona di Selandia Baru mulai sedikit dilonggarkan, warga pun langsung menyerbu outlet makanan cepat saji. Polisi pun diminta untuk menegakkan langkah-langkah pengendalian keramaian tersebut.

Selandia Baru, yang telah melaporkan 1.474 kasus virus corona yang terkonfirmasi dan kemungkinan serta 19 kematian, menghabiskan hampir lima minggu lockdown ketat. Namun pada Selasa lalu, Selandia Baru melonggarkan lockdwon menjadi level tiga. Hal ini berarti anak dapat kembali ke sekolah dan 400.000 orang dapat kembali bekerja.

Tetapi bagi banyak orang, itu adalah kesempatan untuk akhirnya memakan makanan cepat saji yang mereka idam-idamkan. Di bawah batasan level tiga, sejumlah restoran dan kafe terbatas telah diizinkan untuk dibuka kembali.

Menurut TVNZ, itu mengakibatkan antrian panjang mobil di outlet drive-thrus KFC dan McDonald’s di seluruh Auckland, kota terbesar di negara itu. Dan di sebuah kedai burger di Auckland, kerumunan orang begitu banyak sehingga polisi dipanggil. Juru bicara kepolisian mengatakan mereka menerima telepon lagi di mana seseorang khawatir bahwa jalan itu diblokir dengan lalu lintas untuk masuk ke drive-thru.

“Kami dipanggil ke sejumlah kecil insiden tadi malam di mana orang-orang tidak mematuhi jarak sosial,” kata seorang juru bicara polisi dikutip dari CNN.

Juru bicara BurgerFuel mengonfirmasi bahwa polisi memang dipanggil untuk mengendalikan kerumunan orang.

“Hari pertama pembukaan kembali melihat toko-toko BurgerFuel kami dibanjiri oleh pelanggan, jauh melampaui apa yang kami perkirakan,” kata juru bicara restoran tersebut.

Walikota Auckland Phil Goff juga mendesak orang untuk terus mengikuti aturan jarak sosial, terutama dalam hal restoran.

“Saya tahu semua orang bersemangat untuk kembali ke keadaan normal dengan hal-hal seperti takeaways, kopi, dan beberapa aktivitas fisik, tetapi saya khawatir tentang kurangnya jarak sosial seperti yang terlihat,” katanya dalam sebuah pernyataan.
Pemerintah Selandia Baru menyarankan warga untuk menjaga jarak 2 meter dari orang-orang saat berada di luar.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia