SURABAYA – Dua orang dari di Pabrik Sampoerna, Rungkut, Surabaya dinyatakan terinfeksi Covid-19 dan meninggal dunia. Sementara 163 orang lainnya saat ini masih menunggu hasil tes polymerase chain reaction (PCR).

“Tadi malam kami ketemu dengan pimpinan PT sampoerna, hari ini kami tindak lanjuti. Di sana ada dua orang positif dirawat di rumah sakit. Dua-duanya meninggal,” kata dr Joni Wahyuhadi Ketua Gugus Kuratif Covid-19 dalam konferensi pers yang juga dihadiri Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Rabu (29/4/2020).

Joni mengatakan, Gugus Tugas Covid-19 Jatim telah melakukan tracing terhadap seluruh karyawan di kompleks pabrik PT Sampoerna dan sudah ada 163 orang yang telah menjalani swab.

“InsyaAllah satu dua hari ini sudah keluar hasilnya. Kemudian ada 63 orang yang sudah kami lakukan rapid tes, hasilnya reaktif. Mereka sudah diisolasi di PT Sampoerna,” ujarnya.

Dia memastikan, 63 orang yang sudah dinyatakan positif rapid test di RSUD dr Soetomo, Tim RSUD dr Soetomo akan menerapkan swab di ruang isolasi tempat mereka berada untuk dites secara PCR.

“Mulai besok, termasuk yang diisolasi, akan kami kontrol. Mereka datang satu-satu, diisolasi, dan besok ada tenaga medis yang kita tempatkan di ruang isolasi itu. Karena mereka ini tanpa gejala,” ujarnya.

Selain yang sudah menjalani swab dan sudah menjalani rapid test, hasil tracing terhadap dua orang yang meninggal positif Covid-19, ada sembilan orang dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP).

“Sembilan orang itu sudah masuk rumah sakit sebagai PDP,” ujarnya.

Hasil tracing terhadap orang-orang di PT Sampoerna Rungkut Surabaya:
– 2 orang meninggal positif Covid-19
– 9 orang berstatus PDP dirawat di RS
– 163 sudah menjalani swab menunggu hasil PCR
– 63 orang menjalani rapid test dengan hasil reaktif (positif rapid test)

Editor: PARNA
Sumber: suryanews