JAKARTA – Dalgona coffee jadi tren belakangan ini. Kreasinya berkembang hingga muncul banyak dessert dalgona. Pas dinikmati untuk buka puasa!
Dalgona coffee atau kopi dalgona adalah minuman kopi susu dari Korea Selatan. Awalnya minuman ini populer di YouTube hingga merambat ke TikTok. Banyak orang tertarik dengan dalgona coffee karena mudah dibuat.

Bahan dalgona coffee hanya tiga yaitu bubuk kopi instan, gula pasir, dan susu. Sensasi menikmati dalgona coffee ada pada busa kopi yang tebal. Dihasilkan dari proses mengocok yang intens.

Tak hanya berupa minuman, dalgona coffee kini jadi ide dessert lain yang menggugah selera. Mulai dari dessert box sampai cake.

Berikut 5 kreasi dessert dalgona dan tempat membelinya.

Dessert dalgona

1. Dalgona Coffee Boba

Seolah mengikuti tren dalgona coffee, gerai bubble tea Kokumi juga membuat Dalgona Series yang bisa dipesan online. Varian Dalgona Coffee original dibanderol dengan harga Rp 18.000.

Ada juga Dalgona Coffee Boba yang menarik perhatian banyak orang. Paduan susu, kopi, dan boba ini dijual Rp 23.000. Varian lain yang unik adalah Dalgona Matcha dengan sentuhan rasa matcha yang kuat.

Kalau mau yang lain, Dalgona Series Kokumi juga mencakup Dalgona Matcha Chocolate dan Dalgona Avocado. Harganya mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 33.000.

Dessert dalgona

2. Dalgona Dessert Box

Bittersweet by Najla terkenal dengan kreasi dessert boxnya. Terdiri dari banyak varian seperti biskuit Regal, durian, sampai kurma Medjool yang cocok saat Ramadhan.

Tak ketinggalan, mereka juga menawarkan Dalgona Coffee Jelly Dessert Box. Harganya Rp 75.000, namun diproduksi terbatas setiap harinya. Resep ini dikembangkan secara khusus oleh head baker Bittersweet by Najla.

Dalam tiap sendokan dessert box ini, kamu akan mendapat buttercake yang lembap, jelly kopi yang kenyal, dalgona coffee, dan dalgona crunchy. Sentuhan akhirnya lelehan cokelat yang menggoda.

Dessert dalgona

3. Dalgona Fresh Milk

Meski rasanya enak, banyak orang malas bikin dalgona coffee karena proses pengocokannya bikin tangan pegal jika dilakukan manual. Kalau mau yang praktis, susu dalgona bisa jadi pilihan.

Adalah Rays Bottle of Joe (RBoJ Coffee) yang menawarkannya. Coffee shop ini memang menjual beragam minuman kopi dan nonkopi dalam ukuran jumbo untuk jadi stok di rumah. Sebut saja latte, rose mylk latte, sampai Coconut Paradise dengan paduan air kelapa dan chia seed.

Khusus varian dalgona tersedia dalam pilihan kopi dan nonkopi. Harganya Rp 75.000 per kemasan 1 liter di Tokopedia. Untuk susunya bisa pilih fresh milk atau almond milk. Pelengkap minuman ini berupa permen dalgona yang manis lembut khas Korea.

Dessert dalgona

4. Dalgona cake

Dalgona coffee juga menggugah selera saat dibuat dalam versi cake. Bentuknya whole cake sehingga cocok jadi bagian perayaan ulang tahun. Kreasi ini dibuat oleh Ladies Cake di Padang, Sumatera Barat.

Mereka membuat Dalgona Coffee Cake berdasarkan pesanan. Konon rasanya 100% kopi. Nampak kue dilapisi krim es kopi klasik. Ada juga lelehan dalgona yang jadi ciri khasnya.

Dalgona Coffee Cake juga dilengkapi potongan cookies Oreo dan buttercream kopi. Tergolong menu premium, cake ini jadi incaran banyak orang.

Dessert dalgona

5. Donat Dalgona

Tak kalah unik, dessert dalgona ini berupa donat. Dijual The Rancys Cake yang ada di Surabaya. Donat dalgona mencuri perhatian karena tampilannya.

Berupa donat isi serupa bomboloni dengan taburan gula halus. Di dalamnya ada isian dalgona coffee yang dijamin lumer di mulut. Varian ini tersedia dalam sistem pre order.

Selain donat dalgona, varian lain yang jadi incaran adalah donat klepon dan donat matcha. Dikemas dalam kotak dus yang rapi, donat ini juga cocok jadi suguhan tamu.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood