JAKARTA – Tak bisa dimungkiri, di tengah kondisi tak pasti lantaran wabah virus corona, orang rentan mengalami stres. Alhasil, dampaknya pun beragam mulai dari sulit konsentrasi saat bekerja, timbul jerawat hingga susah tidur.

Padahal para ahli menekankan, tidur menjadi elemen penting dalam membangun daya tahan tubuh. Sementara di kondisi seperti sekarang ini, sistem imunitas tubuh harus dijaga untuk melawan virus corona penyebab Covid-19.

Tapi tak perlu khawatir, sebab ada trik pernapasan untuk membantu Anda tidur lebih cepat. Trik ini disebut teknik 4-7-8.

“Ini obat penenang alami untuk sistem saraf,” terang Andrew Weil, pendiri dan direktur Andrew Weil Center for Integrative Medicine, University of Arizona, mengutip dari Popsugar.

Banyak penelitian menyebut meditasi berhubungan dengan penurunan tingkat stres. Trik sederhana ini akan membantu Anda memperoleh manfaat yang muncul dari latihan meditasi yang konsisten.

Berikut langkah metode 4-7-8:

Mengenal Teknik 4-7-8, Trik Agar Tidur Lebih Cepat

1. Tempatkan ujung lidah pada punggung jaringan tepat di belakang gigi depan atas. Pertahankan posisi ini hingga latihan usai.

2. Hembuskan napas melalui mulut hingga menimbulkan suara.

3. Tutup mulut dan hirup napas lewat hidung selama empat hitungan.

4. Tahan napas selama tujuh hitungan.

5. Hembuskan napas lewat mulut selama delapan hitungan dan menimbulkan bunyi.

6. Ulangi lagi urutan yang sama tiga hitungan lagi sehingga Anda melakukan latihan sebanyak empat putaran.

Selain untuk membantu Anda agar lebih cepat tidur, Weil merekomendasikan latihan ini setiap kali Anda merasakan stres. Coba lakukan saat Anda merasa ngidam makanan manis berlebihan, bertengkar dengan pacar atau, susah berkonsentrasi saat bekerja. Ia bilang, ada kemungkinan Anda akan lebih rileks berkat teknik ini.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia