JAKARTA – Irisan kecil kentang goreng berbumbu yang renyah ini jodohnya nasi hangat. Jadi favorit banyak orang untuk teman santap sahur. Bikin sendiri yuk!

Kering kentang atau kentang mustofa jadi menu sahur hampir banyak orang. Rasanya renyah gurih, manis dan sedikit pedas. Makanya sangat pas ditaburkan di atas nasi hangat, mie instan atau nasi goreng dan nasi uduk.

Bahan utama lauk kering sahur ini adalah kentang. Kentang yang tua dan bagus umbinya jadi kunci kerenyahan kentang mustofa. Bisa kentang biasa tapi lebih baik lagi kentang tes yang tak banyak mengandung air.

Cara Membuat Kentang Mustofa

Membuat kentang mustofa tak sulit hanya perlu kesabaran. Baik saat menggoreng kentang maupun membumbui. ‘Timing’ yang tepat pada suhu campuran bumbu membuat kentang bisa tetap renyah dalam waktu lama.

Daripada gabut tak jelas, lebih baik mengisi waktu dengan membuat kentang mustofa. Beberapa langkah mudah ini bisa kamu ikuti dengan cermat.

1. Bahan yang diperlukan:

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan:
2 kg kentang
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
50 ebi, rendam hingga lunak, tumbuk halus, sangrai kering
150 g gula pasir
2 sdm air jeruk nipis
100 ml air
Bumbu, haluskan:
5 butir bawang merah
7 siung bawang putih
8 buah cabe merah besar
10 buah cabe merah keriting
2 sdt garam

Cara Membuat Kentang Mustofa

1. Memotong Kentang

Jenis kentang biasa atau kentang tes bisa dipakai. Pilih umbi kentang yang tua, tidak ada yang busuk atau bagian yang kecokelatan. Pastikan seluruhnya masih mulus dan segar kondisinya.

Kupas kentang lalu iris kentang menjadi irisan kecil dan tipis seperti batang korek api. Usahakan ukuran dan ketebalannya sama. Jika ada bisa dipakai serutan kentang agar mendapatkan hasil yang sama.

Rendam irisan kentang dalam air dingin. Jika ada bisa ditambahkan larutan air kapur sirih, 3-4 sendok makan dalam air perendamnya. Setelah didiamkan 30 menit, bilas kentang beberapa kali hingga airnya bersih atau bening lalu tiriskan.

Cara Membuat Kentang Mustofa

2. Menggoreng kentang

Gunakan 2 liter minyak, tuangkan dalam wajan lalu panaskan dengan api sedang. Menggoreng kentang harus memakai banyak minyak dan suhu stabil agar hasilnya kering merata.

Lap irisan kentang yang sudah ditiriskan dengan tisu dapur hingga benar-benar kering. Goreng bertahap hingga menghasilkan kentang yang garing, kuning keemasan. Jangan terlalu sering mengaduk agar kentang tak hancur. Tiriskan kentang goreng.

Cara Membuat Kentang Mustofa

3. Memasak Bumbu

Panaskan 100 ml minyak dalam wajan lalu tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. Masukkan ebi, jika suka, daun salam, daun jeruk dan serai. Aduk hingga tercampur rata.

Tambahkan gula, air jeruk nipis dan air. Masak dengan api kecil hingga campuran bumbu ini mendidih. Tunggu hingga membentuk buih yang lebar dan teksturnya agak kental, sebagai tanda air sudah menguap.

4 Mengaduk

Jika bumbu sudah mulai mengental, masukkan kentang goreng, aduk-aduk cepat hingga seluruh bagian kentang terlapisi bumbu merata. Jika suka bisa ditambahkan kacang tanah goreng.

Jika terlalu awal memasukkan kentang goreng maka hasilnya kentang basah melempem. Sebaliknya jika terlambat akan membuat gula berkristal dan tidak bisa tercampur merata dengan kentang.

5. Mengemas

Taruh kentang mustofa yang sudah berbumbu di baki atau loyang dan ratakan. Biarkan hingga menjadi dingin dan bumbu melekat sempurna pada kentang.

Selanjutnya, masukkan dalam wadah bersih bertutup rapat. Simpan di tempat sejuk dan kering. Saat mengambil kentang mustofa gunakan sendok bersih dan kering agar kentang tak mudah melempem. Tutup kembali wadah rapat-rapat.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood