JAKARTA – Sering digunakan sebagai penyegar dahaga, cincau hitam cocok untuk berbuka puasa. Ketahui juga fakta menarik lain seputar jenis cincau yang kaya nutrisi ini.
Cincau hitam merupakan sejenis jelly atau agar-agar yang warnanya hitam. Teksturnya cenderung padat dan kenyal. Rasanya tawar dan sangat cocok untuk bahan campuran minuman segar.

Memasuki Ramadhan 2020, jelly ini jadi makanan yang banyak diburu. Bisa digunakan sebagai penyegar dahaga untuk umat Muslim yang telah menjalani puasa selama satu hari penuh.

Tak hanya jadi bahan campuran minuman, cincau hitam juga punya banyak fakta menarik. Seperti kandungan nutrisinya, manfaat cincau hitam, hingga resep membuat es cappucino cincau yang manis segar.

detikFood merangkum 5 fakta menarik seputar cincau hitam yang banyak diburu selama Ramadhan.

-

Cincau hitam dibuat secara tradisional. Jelly ini terbuat dari bahan dasar daun bernama Mesona Procumbens dan Mesona Chinesis, namun kedua daun tersebut lebih banyak di China. Jika di Indonesia biasanya cincau hitam terbuat dari daun jenis Mesona Palustris yang biasa dikenal oleh orang Jawa dengan sebutan janggelan.
Daun janggelan ini harus dikeringkan terlebih dahulu. Setelah itu dibersihkan dan barulah direbus. Perbandingannya sekitar 500 gram daun janggelan dan 8 liter air.

Daun tersebut direbus hingga mengeluarkan gel dan air rebusan menjadi hitam. Setelah itu air disaring dan tempatkan dalam wadah yang sekaligus menjadi cetakannya. Diamkan hingga dingin dan mengeras, setelah itu barulah cincau hitam dapat digunakan.

-

Saat bulan Ramadhan cincau hitam pasti jadi buruan karena banyak ditambahkan ke dalam minuman untuk penyegar dahaga. Selain menyegarkan ternyata cincau hitam juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Yang paling banyak adanya serat larut air dan mineral.

Dalam 100 gram cincau hitam setidaknya terdapat 122 kalori. Selain itu ada juga 1 gram lemak dan 6 gram protein. Ada juga kandungan flavonoid sebesar 1,34%, fenol 17,3%, asam kafeat 50,14 ppm, serta steroid 0,23%.

Tak hanya itu saja, cincau hitam juga kaya zat antioksidan yang baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit. Ada juga kandungan karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan lainnya.

-

Dijadikan sebagai bahan campuran pada minuman, manfaatnya untuk menyegarkan dahaga sudah banyak diketahui orang. Namun selain manfaat tersebut, cincau hitam juga menyimpan beragam manfaat lainnya. Tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Dilansir dari Live Strong (6/1), menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Food and Public Health tahun 2013 lalu, cincau hitam sering digunakan untuk membantu dalam mengurangi tekanan darah. Bisa juga digunakan untuk menyeimbangkan gula darah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka penderita diabetes.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada cincau hitam juga dapat digunakan untuk melawan radikal bebas. Sehingga sistem imunitas tubuh tetap terjaga dan tak mudah terserang penyakit. Cincau hitam juga berguna untuk penyakit panas dalam dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

-

Selama bulan Ramadhan pastinya penjual cincau hitam akan meningkat di pasaran. Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara memilih cincau hitam yang baik di pasaran. Karena banyak juga penjual cincau hitam yang curang dan mencampurnya dengan pewarna tekstil hingga bahan pengawet.

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu bau, warna dan teksturnya. Pilih cincau hitam yang tidak berbau asam atau pilih yang tidak memiliki bau bahan kimia dan tengik. Untuk tekstur pilihlah cincau hitam yang padat namun kenyal.

Cincau hitam yang baik juga mudah berair. Jangan sekalipun Anda memilih cincau hitam yang warnanya hitam pekat karena bisa saja cincau tersebut dicampurkan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan. Pilih cincau hitam yang mengkilat dan warna hitamnya tembus pandang (bening).

-

Banyak minuman segar yang akan terasa nikmat jika ditambahkan cincau hitam. Meminumnya bersama es sirup saja rasanya akan terasa nikmat. Bisa juga dicampurkan untuk hidangan es buah dengan tambahan susu, sirup, dan aneka ragam buah.

Namun jika Anda rindu dengan cita rasa es cappucino cincau yang sempat hits beberapa tahun lalu, sepertinya resep berikut akan pas untuk menu takjil berbuka puasa. Bahan yang dibutuhkan mudah ditemui dan cara membuatnya sangat sederhana.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 1 sachet cappucino instan (bisa gunakan merk apapun)
2. 1 sdm susu kental manis
3. 1 gelas air putih
4. 1 sdm gula pasir (jika ingin rasa yang lebih manis)
5. Es batu yang telah dihancurkan
6. Cincau hitam yang telah dipotong dadu atau diserut memanjang

Cara membuatnya:

1. Masukkan cappucino instan, susu kental manis, air putih, gula pasir, serta es batu ke dalam blender. Lalu blender hingga semuanya tercampur dan mengental.
2. Siapkan gelas saji dan berikan potongan atau serutan cincau hitam. Setelah itu tuang cappucino yang telah diblender tersebut.
3. Es cappucino cincau yang manis segar pun bisa dinikmati dan akan menghilangkan dahaga Anda selama berpuasa.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood