JAKARTA – Cendol termasuk isian es campur yang jadi favorit. Mumpung banyak waktu di rumah, bikin sendiri cendol enak anti gagal.

Untuk membuat cendol, ada dua versi resep yang beredar di masyarakat yakni cendol dengan tepung hunkwe dan cendol tepung beras. Sebenarnya keduanya sama-sama enak. Cendol hunkwe biasanya jadi resep cendol khas Jawa Barat, sementara cendol tepung beras lebih dikenal sebagai cendol dawet.

Membuat cendol sebenarnya tidak sulit, bahan yang dibutuhkan pun sederhana. Cendol kenyal dan berkualitas sudah pasti akan membuat racikan es semakin nikmat. Selain lebih bersih, lebih enak juga lebih murah karena memakai bahan alami.

Berikut tips praktis membuat cendol anti gagal

es cendol

1. Gunakan bahan berkualitas

Hal utama yang membuat cendol terasa enak dan kenyal adalah bahan utamanya. Untuk membuat cendol, dibutuhkan bahan utama tepung beras atau tepung hunkwe, daun suji, daun pandan serta air. Bahannya cukup sederhana dan mudah ditemui di pasar.

Pastikan kualitas tepung dengan melihat tanggal produksinya. Jangan tergoda tepung kemasan curah, meskipun harganya lebih murah tapi terkadang kualitasnya di bawah standar.

Selain bahan utama cendol, perhatikan juga bahan pelengkap untuk membuat es cendol yakni sirop gula merah dan santan. Kuah cendol yang manis legit dihasilkan dari santan segar dan gula merah berkualitas. Untuk kuah yang lebih harum, tambahkan daun pandan segar saat merebus santan dan sedikit garam.

cendol

2. Bedanya cendol tepung hunkwe dan beras

Baik cendol tepung hunkwe atau cendol tepung beras sebenarnya dibuat dengan teknik yang sama namun hasil tekstur dan bentuknya sangat berbeda. Sebelum membuat cendol, sebaiknya tentukan dulu mau cendol yang seperti apa.

Tepung hunkwe berasal dari biji kacang hijau kupas yang digiling halus hingga menjadi tepung. Cendol yang terbuat dari tepung hunkwe punya warna bening yang transparan. Jadi, walaupun ditambahkan air daun suji, warna hijaunya tetaplah bening.

Tekstur cendol tepung hunkwe cenderung kenyal dan agak garing. Cendol ini juga lebih kokoh dan tidak mudah hancur. Saat dicetak, cendol tepung hunkwe punya bentuk yang lancip dan panjang.

Sementara cendol tepung beras teksturnya tidak sekenyal cendol tepung hunkwe karena lebih lembek dan lebih mudah hancur. Cendol jenis ini punya bentuk lebih bulat dan sulit dibuat memanjang. Cendol tepung beras biasa disajikan dalam es dawet khas Banjarnegara.

cendol

3. Trik membuat es cendol

Untuk membuat es cendol tidaklah sulit, pemula pun bisa membuat cendol kenyal dan enak. Pertama yang harus disiapkan adalah larutan daun suji dan pandan. Ambil daun suji dan daun pandan segar dan blender lalu saring hingga menjadi jus sari daun suji.

Setelah itu larutkan sebagian tepung beras atau tepung hunkue dengan sebagian air dan air daun suji pandan. Masak air hingga hangat. Masukkan larutan tepung hunkwe atau tepung beras, masak sambil terus diaduk hingga menjadi adonan yang kental dan bening.

Setelah kental, siapkan cetakan cendol dan air matang dalam mangkuk besar yang diberi es baru. Cetak adonan cendol lalu rendam hasilnya dalam air matang. Diamkan beberapa saat hingga cendol agak keras lalu cendol siap digunakan untuk campuran es.

4. Resep es cendol hunkwe

Bahan
150 gram tepung hunkue
500 ml air
100 ml air daun suji pandan
1/2 sdt garam

Bahan kuah santan:
750 ml santan dari 1 butir kelapa

1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan

Bahan sirup gula merah:
250 gram gula merah, disisir halus

250 ml air
1 lembar daun pandan
1/4 sdt garam
3 buah nangka dipotong kotak
500 gram es batu

Cara membuat:
1. Cendol : Larutkan tepung hunkue dengan sebagian air dan air suji pandan. Rebus sisa air, garam dan tepung hunkwe, aduk hingga rata sampai mendidih. Masak sampai meletup-letup dan kental dan bening.

2. Tuang bertahap ke dalam cetakan cendol. Tekan-tekan di atas wadah yang berisi air es, angkat dan tiriskan

3. Untuk kuah santan : rebus santan sampai mendidih bersama daun pandan dan garam. Dinginkan

4. Untuk sirup gula merah : rebus gula merah, air, daun pandan, garam dan nangka sampai kental

5. Sajikan cendol dengan kuah santan, sirup dan pelengkap.

cendol

5. Resep cendol tepung beras

Bahan:
100 gram tepung beras
30 gram tepung sagu
700 ml air
50 ml air daun pandan suji
1 sdt garam

Bahan Sirup gula merah:
250 gram gula merah, disisir
250 ml air
1 lembar daun pandan
1/4 sdt garam

Bahan Kuah Santan
500 ml santan
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan

Bahan Pelengkap:
500 gram es serut

Cara Membuat

1. Cendol : Larutkan tepung beras, tepung sagu bersama sebagian air dan air suji. Masak sisa air hingga hangat. Masukkan larutan tepung dan aduk-aduk hingga kental dan mendidih.

2. Tuang dalam cetakan cendol yang sudah diletakkan di atas baskom berisi air es. Tekan adonan cendol sampai cendol keluar dari saringannya. Sisihkan

3. Sirup : didihkan gula merah, air, daun pandan, garam di atas api kecil sampai kental

4. Kuah santan : rebus bahan kuah santan sambil diaduk sampai mendidih dan matang

5. Sajikan cendol bersama sirop, kuah santan, dan es serut.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood