JAKARTA – Alpukat bisa jadi pilihan yang sehat untuk menu takjil saat berbuka puasa. Sebelum diolah ketahui dulu jenis dan cara memilihnya.

Buah alpukat menjadi salah satu buah yang selalu disajikan saat bulan Ramadhan. Buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah tersebut memiliki rasa yang lembut gurih sehingga cocok dijadikan menu takjil saat berbuka puasa.

Selain itu alpukat juga sangat menyehatkan. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam buah tersebut. Oleh karena itu buat alpukat dijuluki sebagai superfood. Terutama karena kandungan lemak nabati yang menyehatkan jantung.

Alpukat kini dapat dibeli secara online bahkan bergaransi. Banyak penjual alpukat online yang punya banyak alpukat segar dengan kualitas bagus. Untuk diolah jadi menu berbuka puasa, sangat banyak variasinya.

Sebelum mengolahnya, berikut 5 hal yang harus kamu ketahui soal alpukat.

alpukat

1. Jenis Alpukat

Ada banyak jenis alpukat yang terkenal enak di Indonesia. Jenis alpukat tersebut memiliki karakteristik masing-masing dan dapat diolah menjadi es alpukat dan beragam olahan enak lain untuk menu takjil berbuka puasa.

Misalnya alpukat mentega yang merupakan jenis alpukat unggulan, karena memiliki daging buah yang tebal, teksturnya kenyal dan tak berair. Selain itu juga ada alpukat wina yang banyak dibudidayakan di Semarang.

Daging buah alpukat wina memiliki karakteristik seperti lembut, gurih, dan sedikit manis. Ada pula alpukat jambon yang memiliki ukuran lebih besar dan memanjang. Selain itu, ada jenis alpukat lain seperti alpukat pluwang, alpukat murapi, kendil, hingga alpukat miki.

alpukat

2. Nutrisi dan Manfaat Alpukat

Tak hanya enak, buah alpukat juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya Dalam 50 gram daging buah alpukat terdapat kandungan berupa 80 kalori, 8 gram lemak, 4 gram karbohidrat dan sekitar 1 gram protein.

Selain itu, juga terdapat berbagai vitamin, mulai dari vitamin C, B6, E dan K. Nutrisi buah alpukat juga dilengkapi dengan mineral penting seperti magnesium dan potasium. Maka tak heran buah alpukat dijuluki sebagai superfood.

Mengonsumsi alpukat tentu memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir dari Medical News Today, manfaat tersebut seperti kesehatan jantung, kesehatan mata, menurunkan kolesterol, menghilangkan depresi dan masih banyak lagi.

alpukat

3. Cara Memilih

Mungkin kamu kesulitan membedakan mana alpukat yang sudah matang atau belum. Caranya mudah, yaitu dengan memegang buah alpukat. Alpukat yang sudah matang ditandai dengan berat yang mantap dan warna kulit yang sedikit gelap kecokelatan.

Tekan sedikit, jika terasa empuk berarti buah alpukat itu sudah matang. Begitu pun sebaliknya. Tak hanya mengetes dari tekstur dagingnya saja. Memilih buah alpukat juga bisa dengan cara melihat warna kulitnya. Alpukat dengan warna kulit hijau gelap dan cenderung hitam itu tandanya sudah matang.

Kalau masih berwarna hijau terang berarti masih mentah. Selain itu juga bisa dengan cara melihat batang alpukat. Jika batang berwarna cokelat berarti sudah matang, jika berwarna hijau berarti masih mentah.

alpukat

4. Rekomendasi Beli Online

Tanpa keluar rumah, membeli alpukat juga bisa dilakukan secara online. Ada banyak toko online yang menawarkan berbagai jenis alpukat. Menariknya lagi, mereka juga memberikan garansi jika alpukat yang dikirim dalam kondisi yang kurang baik.

Salah satu toko onlinenya ada Raja Alpukat yang dapat dibeli melalui aplikasi belanja online Shoope atau melalui instagramnya @raja.alpukat. Selain itu, toko online bernama @bandar_alpukat_mentega yang juga menawarkan alpukat dengan kualitas premium

Ada pula toko online @lumbung.nusa, @umaaalpukat, @gudang_alpukat_mentega hingga @avocadron yang dapat diakses melalui Instagram. Di Instagram mereka juga terdapat nomor yang dapat dihubungi untuk melakukan pemesanan.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood