TEMANGGUNG – Peserta Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan asal Kabupaten Temanggung yang hasil rapid test-nya positif bertambah lima orang. Sehingga sampai hari ini total ada 27 warga Temanggung peserta Ijtima Gowa yang positif rapid test.
“Tadi ada 5 yang positif. Kemarin ada 22 ditambah 5 jadi 27,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Temanggung, Gotri Wijianto kepada wartawan, Rabu (22/4/2020).

Gotri menjelaskan lima warga itu berasal dari Kecamatan Jumo satu orang, Wonoboyo satu orang dan Kecamatan Kandangan tiga orang. Mereka langsung dikarantina di Balai Latihan Kerja (BLK) Temanggung.

“Sudah dikarantina semua,” ujarnya.

Sebelumnya, pemeriksaan rapid test dilakukan terhadap 64 warga Temanggung yang mengikuti Itjima Gowa pada Senin (20/4). Dari 64 orang tersebut, 22 di antaranya hasil rapid test-nya positif. Kemudian, 21 orang langsung dikarantina di BLK Temanggung dan seorang lagi dirawat di RSUD Temanggung dengan status pasien dalam pengawasan (PDP).

Gotri menambahkan untuk yang dikarantina di BLK Temanggung saat ini totalnya ada 26 orang. Sedangkan total yang telah di-rapid test ada 86 orang.

Pihaknya kembali mengimbau kepada warga Temanggung untuk tenang, kemudian tetap berada di rumah, menjaga kesehatan dan memakai masker serta cuci tangan. Selain itu, pihaknya juga mendorong untuk orang sehat membantu yang sakit.

“Kita mendorong empati dari masyarakat yang sehat membantu yang sakit. Kita beri semangatlah yang dikarantina ini, kita beri semangat. Moga-moga hasilnya di swab-nya nanti negatif,” pungkasnya.

Editor: PARNA
Sumber: detiknews