JAKARTA – Liam Hemsworth curhat mengenai alasannya berpikir ulang soal pola asupan vegan yang sempat dijalankan selama empat tahun. Menurutnya, sakit batu ginjal yang sempat ia derita jadi salah satu penyebabnya.

“Februari tahun lalu saya merasa lesu. Kemudian saya mengetahui saya memiliki batu ginjal. Itu merupakan minggu-minggu penuh kesakitan dalam hidup saya,” kata Liam dalam wawancara dengan Men’s Health untuk edisi terbaru.

“Saya melakukan tur film Isn’t It Romantic. Namun saya harus ke rumah sakit dan menjalani operasi,” lanjutnya.

Liam mengaku kini kondisinya baik-baik saja. Namun pengalaman itu amat membekas bagi dirinya.

“Sekali kau pernah batu ginjal, kau punya peluang 50 persen mengalaminya lagi bila melanjutkan pola makan yang kau jalani selama ini,” kata adik Chris Hemsworth tersebut.

“Batu ginjal saya merupakan batu kalsium oksalat. Itu terbentuk dari terlalu banyak kandungan oksalat dalam pola asupan. Oksalat itu amat tinggi di sayuran, terutama bayam, kacang almond, ubi bit, dan kentang,” lanjutnya.

Hemsworth mengakui bahwa setiap pagi ia mengonsumsi lima genggam penuh bayam dan meminum susu almond, almond butter, dan protein vegan untuk dibuat menjadi smoothie.

“Dan itu lah yang saya anggap amat sehat. Jadi saya harus memikirkan kembali apa yang saya masukkan ke dalam tubuh,” katanya.

Kini ia mengakui pola asupannya telah berubah. Hemsworth masih menjadi seorang vegan, namun ia punya alasan yang lebih sehat dan “merasa bugar” dalam beberapa tahun ini serta merasa dirinya begitu kuat.

“Yang harus saya sampaikan ke semua orang adalah, perhatikan kau bisa membaca apa pun yang ingin kau baca. Namun kau harus merasakannya sendiri. Kau harus menemukan apa yang terbaik untuk dirimu sendiri,” katanya.

“Bila sesuatu bekerja baik untuk periode tertentu, baguslah, tetap lanjutkan. Bila sesuatu berubah dan kau tak merasa sehat, kau harus mengkajinya dan menemukan yang tepat,” kata Hemsworth, dikutip ET.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia