JAKARTA – Jumlah pasien positif virus corona (Covid-19) di Indonesia per Minggu (12/4) mencapai 4.241 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 373 orang meninggal dunia dan pasien sembuh bertambah menjadi 359 orang.

Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebut per Minggu ini terjadi penambahan sebanyak 399 pasien positif dibandingkan hari sebelumnya.

“Kami laporkan update kasus per hari ini sudah ada 399 baru, total 4.241 orang,” ujar Yurianto saat konferensi pers di Graha BNPB, Minggu (12/4). Jumlah pasien yang sembuh juga mengalami peningkatan yaitu 73 orang.

Sebelumnya, pada laporan per Minggu (12/4), jumlah pasien positif corona tercatat ada 3.842 orang. Dari jumlah itu, 327 orang meninggal dunia dan 286 pasien dinyatakan sembuh.

“Total pasien sembuh sebanyak 286 orang,” ujar Yurianto.

Dalam menekan penyebaran virus corona, sejumlah daerah menerapkan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Setelah DKI Jakarta memberlakukan PSBB pada 10 April 2020. Bogor, Depok, dan Bekasi juga telah mengantongi status yang sama mulai pekan depan.

Update Corona 12 April: Positif, Orang MeninggalInsert Artikel – Waspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)

Sejak ditetapkan hingga 14 hari ke depan, Pemprov DKI Jakarta mengetatkan sejumlah aturan pergerakan orang per orang, melakukan pembatasan dan operasional angkutan umum, hingga sempat melarang ojek mengangkut penumpang.

Kini, Kementerian Perhubungan menetapkan sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan pribadi dan kepentingan masyarakat (ojek) diperbolehkan untuk mengangkut penumpang selama masa PSBB dengan syarat-syarat yang sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Aturan tersebut dimuat dalam Permenhub Nomor 18 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Untuk sepeda motor dapat mengangkut penumpang dengan ketentuan harus memenuhi protokol kesehatan,” ujar Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (12/4).

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia