JAKARTA – Sebagian besar orang menghindari makan ubur-ubur karena khawatir akan racunnya. Apalagi ubur-ubur punya ‘senjata’ yang bisa menyengat. Padahal jenis seafood ini enak dimakan dan kaya nutrisi.

Menyantap ubur-ubur dianggap sebagai sesuatu yang aneh, seorang ahli biologi di University of Salento di Lecce, Italia mencoba mengubah stigma soal konsumsi ubur-ubur. Dilansir dari Nautilus (11/4) ubur-ubur diketahui memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan aman dikonsumsi.

Asal diolah dan dibersihkan dengan benar, ubur-ubur bisa jadi santapan lezat. Berikut beberapa khasiat kesehatan yang bisa didapatkan dari konsumsi ubur-ubur.

1. Mencegah masalah pernapasan
ubur-ubur

Masalah pernapasan biasanya tak jauh dari asma atau sesak napas. Selain mengonsumsi obat dokter, penderita asma juga direkomendasikan untuk menyantap olahan ubur-ubur. Seafood ini bahkan sudah lama dijadikan alternatif obat herbal untuk mengobati asma.

Ubur-ubur mengandung senyawa khusus yang bisa menurunkan risiko asma dan bisa dikonsumsi orang hamil. Ubur-ubur bisa diolah jadi makanan enak. Pastikan ubur-ubur sudah dibersihkan dengan benar sebelum dimasak. Usahakan untuk tidak mengonsumsi ubur-ubur dalam keadaan mentah.

2. Bagus untuk mata dan otak
Bukan hanya pada salmon, kandungan omega 3 pada ubur-ubur juga bagus untuk perkembangan otak serta menjaga kesehatan mata. Ubur-ubur biasa diracik dengan cara dikukus atau dipanggang.

Tapi sekarang banyak olahan ubur-ubur yang sudah dikeringkan. Ubur-ubur punya rasa gurih sehingga cocok ditambahkan dalam sup.

3. Menjaga kesehatan kulit

ubur-ubur

Tekstur ubur-ubur yang kenyal dan mengandung banyak air ternyata juga bagus untuk kecantikan. Ubur-ubur memiliki kandungan kolagen tinggi sehingga membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah keriput.

Ubur-ubur juga memiliki sifat anti peradangan yang mengurangi rasa nyeri pada bagian tubuh yang sakit. Ubur-ubur biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan pada pasien dengan psoriasis atau penyakit peradangan lainnya.

4. Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ubur-ubur setidaknya dua kali seminggu tidak memiliki masalah dengan pembekuan darah. Ubur-ubur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung zat asetikolin.

Zat ini bisa bekerja untuk membantu mencegah penyempitan pembuluh darah. Mengonsumsi ubur-ubur juga mengurangi kadar kolesterol tinggi pada pasien dengan masalah jantung.

5. Mengobati batuk

ubur-ubur

Tidak banyak yang tahu kalau seafood yang satu ini membantu mengobati batuk. Konsumsi ubur-ubur yang sudah dimasak dengan cuka bisa membantu mengatasi penyakit batuk berdahak.

Ubur-ubur mengandung senyawa aktif yang bisa memerangi semua bakteri dan bersifat membersihkan paru-paru. Namun, sebaiknya hindari konsumsi ubur-ubur mentah karena mungkin saja masih mengandung bakteri yang bisa menyebabkan penyakit tertentu.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood