JAKARTA – Kencan jadi hal yang hampir mustahil dilakukan di masa karantina demi menekan penyebaran virus corona ini. Namun, tak perlu khawatir, kencan virtual bisa jadi solusinya.

Meski terasa hambar, tapi justru kencan virtual tak akan membuat Anda merasa tertekan. Anda tak perlu pusing menentukan lokasi kencan. Jika tak nyaman, Anda tinggal tutup aplikasi yang digunakan.

Psikolog dewasa, Moraya Seeger DeGeare mengatakan, kencan virtual akan membuat Anda lebih fokus pada hal-hal yang lebih esensial. Anda akan lebih fokus pada pribadi pasangan atau calon pasangan, daripada pusing memerhatikan tampilan fisiknya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kencan virtual berjalan sempurna. Berikut mengutip Refinery29.

1. Inisiatif
Saatnya memberanikan diri untuk menginisiasi kencan. Kondisi sekarang ini bisa Anda jadikan kesempatan emas.

Tak ada salahnya untuk berinisiatif mengajak si dia bertemu di aplikasi. “Bersenang-senang saja dengan kenyataan bahwa kita tidak bisa bertemu secara fisik,” ujar pakar kencan, Andrea Syrtash.

2. Anggap saja kencan pertama
Meski Anda telah menjalani hubungan bersama pasangan dalam beberapa lama, tapi anggap lah kencan virtual ini sebagai kencan pertama.

Bagi kaum hawa, tak perlu ragu untuk merias wajah secantik mungkin. Tak ada salahnya pula jika Anda mengenakan busana yang membuat Anda percaya diri.

Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan lokasi kencan virtual. Cari lokasi di dalam rumah dengan pencahayaan yang bagus.

3. Simulasi kencan ‘nyata’
Meski berbeda dengan kencan di dunia nyata, tapi Anda bisa memanfaatkan kencan virtual dengan mensimulasikan kencan yang sebenarnya. Anda dan pasangan bisa saling berjanji untuk berkencan virtual sembari sama-sama meneguk segelas anggur.

4. Jujur dengan kondisi
Tak bisa dimungkiri, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar pada kehidupan. Rasa cemas dan waswas adalah hal yang wajar.

Syrtash tak mempermasalahkan jika Anda bercerita pada pasangan tentang perasaan yang dialami. Namun, Syrtash mengingatkan untuk tak menghabiskan waktu hanya dengan membicarakan masa karantina.

5. Ciuman selamat malam
Tak bertemu secara fisik bukan berarti kencan akan begitu hambar. Keinginan untuk mencium yang terkasih adalah wajar.

Namun, bukan berarti Anda harus mempraktikkan ‘air kissing’. Keinginan untuk mencium bisa saja diucapkan dengan kata-kata seperti ‘Aku berharap bisa memberikan ciuman selamat malam untukmu’.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia