JAKARTA – Perdebatan tentang waktu terbaik untuk berjemur masih berlanjut. Ada yang bilang berjemur paling ideal di jam 10-11 selama 15 menit, dan ada yang bersikukuh harus di bawah jam 10.
Kelompok yang meyakini jam 10-11 pagi sebagai waktu terbaik untuk berjemur mendasarkan argumennya bahwa pada jam tersebut sinar matahari memiliki kandungan ultraviolet B (UVB) yang baik untuk kesehatan. Pancaran UVB dengan gelombang lebih pendek ini diyakini baru muncul setelah jam 10.

Nah, kubu yang bersikukuh untuk tidak berjemur di atas jam 10 umumnya mendasarkan argumennya pada UV Index atau indeks ultraviolet.

Apa itu UV Index?

UV Index atau UVI merupakan ukuran kekuatan radiasi ultraviolet. Makin tinggi angkanya, makin tinggi risiko kerusakan kulit dan mata akibat radiasi ultraviolet saat terpapar sinar matahari.

Besarnya UV Index bervariasi sepanjang hari dan mencapai level maksimum pada tengah hari. UV Index juga dipengaruhi oleh letak geografis dan cuaca.

Organisasi kesehatan dunia WHO menyarankan ‘sun safety precaution’ ketika UV Index berada di atas angka 3. Disarankan untuk membatasi paparan sinar matahari dan menggunakan pelindung untuk mencegah kerusakan kulit maupun mata.

Tabel UV Index menurut WHO.

Bagaimana mengetahui UV Index di suatu tempat?

Di banyak negara, UV Index tercantum juga dalam ramalan cuaca. Umumnya hanya menyebut level maksimum dalam satu hari, tetapi beberapa layanan seperti AccuWeather memberikan prediksi yang lebih spesifik.

UV Index ketika matahari bersinar lembut.
Misalnya untuk Jakarta, pergerakan UV Index pada Jumat (3/4/2020) adalah sebagai berikut:

  • Pukul 9 pagi – UV Index maksimum: 3 (moderate)
  • Pukul 10 pagi – UV Index maksimum: 5 (moderate)
  • Pukul 11 pagi – UV Index maksimum: 9 (very high)
  • Pukul 12 pagi – UV Index maksimum: 11 (extreme)
    UV Index jam 9 pagi.

Apa saja risiko paparan sinar UV?

Paparan sinar UV yang berlebihan berdampak utamanya pada kulit dan mata. Pada kulit bisa menyebabkan luka bakar hingga kanker kulit karsinoma, sedangkan pada mata bisa memicu kerusakan lensa mata atau katarak.

Nah, tetap mau berjemur jam 10 ke atas atau pilih jam 10 ke bawah? Tuliskan pendapat di kolom komentar.

Editor: PARNA
Sumber: detikhealth