JAKARTA – Oprah Winfrey, pembawa acara ternama di Amerika Serikat (AS) yang juga masuk daftar wanita terkaya di negara Paman Sam itu akan berdonasi sebesar US$ 10 juta atau sekitar Rp 165 miliar (kurs Rp 16.500) untuk memerangi pandemi virus corona (COVID-19).

Dari donasi tersebut, sebesar US$ 1 jutanya (Rp 16,5 miliar) akan disumbangkan kepada America’s Food Fund, sebuah organisasi baru yang membantu memberikan makanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dana tersebut ia sumbangkan, begitu juga dengan aktor Leonardo DiCaprio, CEO Feeding America Claire Babineaux-Fontenot, chef José Andrés, konglomerat Laurene Powell Jobs, dan juga Apple. Sehingga, America’s Food Fund memperoleh sumbangan hingga US$ 12 juta (Rp 198 miliar) melalui situs GoFundMe.

Dilansir dari Forbes, Jumat (3/4/2020), sisa donasi sebesar US$ 9 juta dari Oprah akan digelontorkan ke seluruh kota di AS, utamanya ke kampung halamannya yang berlokasi di pedesaan Mississippi, Milwaukee dan Tennessee.

Selain Oprah, selebriti ternama AS juga turut merogoh kantong pribadinya untuk memerangi corona. Sebut saja Kylie Jenner yang sudah menyumbangkan US$ 1 juta atau sekitar Rp 16,3 miliar untuk masker dan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Rihanna juga telah menyumbang US$ 6 juta (Rp 99 miliar) untuk memerangi corona di AS, Karibia, dan Afrika melalui Clara Lionel Foundation. Jay-Z, rapper ternama AS juga berdonasi US$ 1 juta melalui yayasan Shawn Carter miliknya demi melawan pandemi tersebut. Tak lupa juga dengan pasangan artis terkemuka Hollywood, yakni Ryan Reynolds dan Blake Lively telah menulis cek sebesar US$ 1 juta untuk food bank di AS dan Kanada.

Editor: PARNA
Sumber: detikfinance