Komisi IX DPR menggelar rapat kerja mengenai update penanganan wabah corona dengan Ketua Gugus Tugas COVID-19 Doni Monado dan Menkes Terawan Agus Putranto. Rapat ini digelar melalui teleconference, Kamis (2/4).

Rapat diawali dengan laporan oleh Doni Monardo. Dalam paparannya, Doni menyampaikan estimasi jumlah korban positif corona hingga akhir April 2020. Estimasi ini merupakan masukan dari Badan Intelijen Negara (BIN).

“Masukan dari BIN, estimasi jumlah kasus di akhir Maret adalah 1.577 dan ini relatif sangat akurat. Kemudian, juga estimasi akhir April mencapai 27.300,” ujar Doni Monardo dalam rapat yang disiarkan melalui live streaming dari situs DPR.

Doni juga memaparkan kepada Komisi IX DPR kapan wabah virus corona di Indonesia akan mencapai puncak.

“Puncaknya kira-kira berada pada akhir Juni dan akhir Juli. Tapi ini estimasi. Kalau kita bisa lakukan langkah-langkah pencegahan semoga tidak terjadi yang diprediksi,” tutur dia.

Dalam kesempatan itu, Kepala BNPB ini juga mengungkapkan bahwa 49 persen wilayah yang kemungkinan besar terkena virus corona berada di Pulau Jawa.

Oleh sebab itu, Doni mengajak seluruh lapisan masyarakat, pejabat hingga aparat untuk bekerja sama memutus mata rantai penyebaran virus corona ini.

Hingga berita ini diturunkan, rapat masih berlangsung.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan