JAKARTA – Bermain game bisa menjadi hiburan di rumah di tengah wabah virus corona. Bahkan badan PBB WHO juga menganjurkan main game untuk menjaga kesehatan mental.

Hal ini diutarakan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pernyataan resmi WHO kepada media seperti dilihat detikINET, Kamis (26/3/2020). Ini sebenarnya adalah bagian dari pernyataan umum terkait perkembangan dan penanganan kasus COVID-19 di seluruh dunia.

Nah, Dirjen WHO secara khusus juga menyoroti masalah kesehatan mental warga dunia saat menjalani isolasi diri di rumah untuk mencegah penularan virus corona. Tedros menyarankan warga dunia main game sebagai hiburan selain cara lainnya.

“Dengarkan musik, baca buku atau main game,” kata Tedros.

Tedros mengatakan adalah normal kalau merasa stress dan takut saat ada wabah virus corona. Oleh karena itu dia meminta semua orang menjaga kesehatan mental dengan berbicara dengan orang lain, mendukung komunitas sebisa mungkin, menanyakan kabar keluarga, teman dan tetangga.

Dirjen WHO juga memberi imbauan agar warga dunia hati-hati dengan berita hoax soal virus corona. Berita sungguhan pun kalau itu membuat cemas, baiknya dikurangi dulu konsumsinya.

“Coba untuk tidak baca atau menonton berita kalau itu membuat cemas. Cari informasi dari sumber terpercaya satu atau dua kali sehari,” kata Tedros.

Tedros mengingatkan WHO bekerja sama dengan WhatsApp dan Facebook sudah memiliki layanan chat WHO Health Alert untuk COVID-19 di nomor +41 798 931 892. Masyarakat bisa bertanya apa saja di sana.

Editor: PARNA
Sumber: detiknews