JAKARTA – Badan Antariksa Amerika (NASA) mengumumkan salah satu astronaut untuk misi Apollo ke-15 yaitu Alfred M. Worden meninggal dunia di usia 88 tahun, pada Rabu (18/3).

Worden diketahui menjalankan misi Apollo ke-15 bersama dengan dua astronaut NASA lain yaitu David Scott dan James B. Irwin pada 1971 dan menghabiskan waktu di luar angkasa lebih dari 295 jam.

“Saya sangat sedih mendengar bahwa astronaut Apollo Al (nama panggilan Alfred) Worden telah meninggal. Al adalah pahlawan Amerika yang prestasinya tidak akan pernah dilupakan. Doa saya untuk keluarga dan teman-temannya,” tulis Administrator NASA Jim Bridenstine pada laman resmi NASA.

Sebelum bergabung dengan NASA, Worden merupakan seorang instruktur pilot berpangkat kolonel di Angkatan Udara AS. Lalu, ia beralih profesi menjadi astronaut pada 1966.

Saat pertama kali bergabung dengan NASA, ia ditunjuk sebagai peneliti senior di Pusat Penelitian Ames NASA, California, seperti dikutip CNN.

Pada 1975, Worden memutuskan untuk pensiun dari NASA dan mendirikan perusahaan maskapai luar angkasa sendiri yang diberi nama Maris Worden Aerospace Inc. Worden juga dipercaya sebagai Wakil Presiden BF Goodrich Aerospace Brecksville Ohio.

Worden juga menulis beberapa kumpulan puisi yang ia gabung menjadi sebuah buku yang diberi nama, “Hello Earth: Greetings from Endeavour” pada 1974, buku anak-anak berjudul “I Want to Know About a Flight to the Moon” di tahun yang sama.

Selain itu dia juga menulis memoar yang diberi judul “Falling to Earth” pada 2011.

Worden sering muncul di acara televisi khusus anak-anak berjudul “Mr. Rogers’ Neighborhood”. Di acara ini, ia memberikan edukasi kepada anak-anak terkait ruang angkasa.

“Penampilannya di acara Mr. Rogers Neighborhood, jelas memicu keinginan banyak anak-anak untuk mengejar karier sebagai astronaut dan pemimpin eksplorasi di masa depan,” pungkas Bridenstine.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia