BATAM – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri melakukan pengecekan kesediaan bahan pokok di seluruh distributor se-Kota Batam di tengah kekhawatiran Covid-19, Kamis (19/03/2020).

Tim yang bergerak dari Subdit I Indagsi Ditreskrimsus, dipimpin Kompol Jhon Sitepu pertama kali mengecek gudang PT Sri Jaya Perkasa, Kawasan Tunas Industri Batam Center. Selanjutnya, tim bergerak menuju ke PT Panca Mitra Niaga di Kawasan Hijrah Industri, Batam center, PT Ekasurya Panca Niaga dan sebuah gudang di Pelita, gudang lainnya yang berada di kawasan Megacipta Industri Park, Batuampar, PT Sri Jaya Perkasa serta PT Karya Alam Cemerlang.

Berdasarkan keterangan seluruh pemilik maupun pengelola gudang yang dicek, untuk beras, stok aman hingga satu setengah bulan ke depan. Seperti yang disampaikan Distributor PT Karya Alam Cemerlang.

“Stok beras saat ini tersedia sampai satu setengah bulan ke depan,” kata perwakilan PT Karya Alam Cemerlang, Hendra kepada petugas Indag Subdit I Ditreskrimsus Polda Kepri.

Ia mengatakan, dengan stok yang tersedia hingga bulan Mei mendatang, pihaknya tetap memesan ke gudang beras. Hal itu, kata dia, guna keberlangsungan stok.

Terlebih lagi kebutuhan beras dibulan Ramadhan ini, permintaan mengalami peningkatan. “Kalau kendala, palingan di pelabuhan. Misalnya menunggu kapal bisa bersandar di pelabuhan, tempat penyimpanan beras di pelabuhan ada atau tidak,” tuturnya.

Dilanjutkan, beras belum bisa turun dari kapal bila tidak dapat tempat penyimpanan sementara di Pelabuhan Batuampar.

“Kala ada tempat baru bisa turun dua sampai tiga hari baru bisa dibawa ke gudang di sini. Perkiraan waktu sampai ke gudang kita 10 – 14 hari,” ujarnya menjawab Kompol Jhon Sitepu terkait kendala pasokan beras.

Tim tidak hanya menanyakan stok kesediaan beras untuk masyarakat Batam, namun juga mencari tau harga tiap merek yang dijual dari distributor. Rata-rata harga disampaikan masih stabil.

“Kami juga selalu diundang Disprindag rapat membahas stok dan harga beras. Data beras masuk dan keluar selalu kami laporkan ke Disprindag. Apalagi sebentar lagi menjelang Ramadhan akan selalu sering mengikuti rapat bersama asosiasi beras di Disprindag,” tuturnya kembali.

Editor: PARNA
Sumber: batamtoday