BATAM – Penggalangan dana di kalangan pengusaha di Batam, Kepulauan Riau untuk membantu penanganan virus Corona atau Covid-19 kini menyentuh angka Rp 10 miliar.

Pada hari Rabu (18/3/2020) lalu, para pengusaha telah mengumpulkan Rp 7 miliar yang akan diperuntukkan untuk pengadaan berbagai alat penunjang untuk mendeteksi dan mencegah Corona.

Direktur PT. Sat Nusapersada, Abidin Hasibuan mengatakan sumbangan akan tetap dibuka karena target masih jauh.

“Target sumbangan kita Rp 20 miliar untuk membantu pemerintah kota dalam penanganan Covid-19. Kami harap ada partisipasi juga dari masyarakat,” kata Abidin, Jumat (20/3/2020).

Total sumbangan yang dibutuhkan tidak hanya digunakan untuk membeli peralatan deteksi Covid-19 dan Alat Pelindung Diri (APD) tenaga kesehatan, tetapi juga untuk alokasi pengadaan masker dan hand sanitizer.

Masker tersebut akan didatangkan dari China, Singapura, dan Yogyakarta. Untuk keamanan masker impor tersebut, juga disebutkan telah sesuai prosedur kesehatan.

“Untuk yang dari Singapura bisa datang secepatnya namun terbatas. Sedangkan untuk dari China dan Yogyakarta diperkirakan datang 2 pekan lagi,” ujar Abidin.

Terkini, mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk tes virus Corona dijadwalkan tiba di Kota Batam, hari ini.

Editor: PARNA
Sumber: batamnews