Kapal pesiar Italia, The Costa Luminosa, diizinkan untuk berlabuh di Marseille, Prancis. Sebelumnya saat berlayar The Costa Luminosa sempat menurunkan dua orang penumpang, yang kemudian dites positif virus corona.

The Costa Luminosa berlayar dari Fort Lauderdale, Florida, 5 Maret 2020 lalu. Kapal tersebut berlayar menuju Venesia, Italia. Saat transit di Puerto Rico, dua orang penumpang positif corona diturunkan.

The Costa Luminosa sempat ditolak berlabuh di Antigua. Namun, saat berada di dekat Tenerife 15 Maret 2020 lalu, mereka menurunkan empat penumpang lainnya yang sedang sakit.

Terkait kondisi penumpang yang diturunkan di Tenerife, Reuters menuliskan sang kapten kapal masih belum diberi tahu.

“Sehubungan dengan penumpang yang turun di Tenerife, kami tidak memiliki informasi lanjutan soal kondisi mereka,” sebut kapten kapal The Costa Luminosa seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, The Costa Luminosa berlabuh di Marseille, Prancis, pada Kamis (19/3) malam. Meski diizinkan berlabuh penumpang tidak diperbolehkan turun.

Kondisi yang tak pasti di The Costa Luminosa membuat penumpang cemas dan sedih. Mereka sampai saat ini tidak pernah tahu kapan bisa meninggalkan kapal tersebut.

“Fisik kami baik, mental kami lelah. Tiga hari dalam perjalanan di sini hanya tentang COVID-19,” kata penumpang The Costa Luminosa Martha Bradburry di facebooknya.

kumparan telah menghubungi KBRI Paris untuk mengetahui apakah ada WNI di kapal Costa Luminosa, namun belum mendapat respons.

Bukan pertama kalinya kasus kapal pesiar terpapar corona terjadi. Kasus serupa berlangsung di kapal pesiar Diamond Princess dan Westerdam.

Di kedua kapal itu terdapat WNI yaitu 68 di Diamond Princess dan 362 di Westerdam. Bahkan, di Diamond Princess belasan WNI positif corona, namun sudah dinyatakan pulih.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan