Media sosial diramaikan oleh berbagai cerita dan foto para petugas medis, baik perawat maupun dokter yang berjibaku melawan COVID-19 atau corona.

Beberapa foto viral itu meminta masyarakat untuk tetap di rumah. Permintaan itu dilakukan untuk mendukung gerakan social distancing yang diserukan di banyak negara selama virus corona mewabah.

Social distancing atau pembatasan sosial adalah serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.

Berikut foto viral para dokter dan perawat selama membantu pasien melawan corona.

Foto Ahmed Rabea

Foto laki-laki berseragam putih ala dokter itu viral lantaran ia memegang sebuah tulisan yang menarik.

“I stay at work for you, you stay at home for us.” atau bisa diartikan saya bekerja untuk anda, anda di rumah saja untuk kami.

Pria itu memakai masker. Foto itu diunggah ulang oleh berbagai akun, termasuk ulama kondang di Indonesia, Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym.

Foto Gee Teak Sheng

Seorang dokter di sebuah rumah sakit di Malaysia itu mengunggah sebuah foto yang mirip dengan foto milik Ahmed Rabea.

Di foto itu Gee terlihat lengkap dengan menggunakan masker dan seragam dokter berwarna hijau.

Ia juga mengunggah foto bersama perawat di rumah sakit. Unggahannya itu telah dibagikan lebih dari 60 ribu kali dan disukai lebih dari 17 ribu kali.

Foto Irene

Irene merupakan seorang suster di sebuah rumah sakit di Italia.

Ia memegang sebuah tulisan berbahasa Italia yang apabila diterjemahkan sebagai imbauan untuk tetap di rumah.

“Mereka yang berpikir ‘itu tidak akan terjadi pada asaya’ akan menjadi orang yang berikutnya terinfeksi! Tinggallah di rumah!!”

Unggahan ini dibagikan lebih dari 99 ribu kali.

Foto Ashley Barton

Ashley Barton merupakan suster di sebuah rumah sakit di Amerika. Ia mengunggah sebuah foto beserta keterangan foto yang menceritakan pengalamannya membantu pasien yang terinfeksi corona.

Foto Liu Kai

Aksi Liu Kai yang membantu seorang pasien berusia 87 tahun yang terjangkit corona viral. Liu Kai, seorang dokter ahli terapis pernapasan dari sebuah rumah sakit di Cina Zhongshan Hospital Fudan University.

“Gambar ini diambil oleh seorang suster yang ada di belakang kami,” ujar Liu dalam sebuah video yang diunggah CGTN, stasiun televisi swasta di China.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan